Breaking News:

Sidang Kasus PETI di Merangin

BREAKING NEWS 3 Warga Bungo Dihukum 3 Tahun Penjara, Alat Berat Disita Jadi Barang Rampasan Negara

Sidang perkara dengan agenda sidang pembacaan putusan ini dilaksanakan secara online dan diikuti secara terpisah oleh pihak terkait.

Tribunjambi/darwin
Sidang putusan tiga warga Bungo terlibat aktivitas PETI di Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Tiga warga Bungo terdakwa dalam kasus aktivitas PETI di Merangin dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp 1,5 miliar.

Sidang perkara dengan agenda sidang pembacaan putusan ini dilaksanakan secara online dan diikuti secara terpisah oleh pihak terkait.

Hakim dan penasehat hukum terdakwa mengikuti sidang di PN Bangko, JPU dari kantor kejaksaan dan sementara tiga terdakwa mengikuti sidan dari Lapas Klas IIB Bangko.

Amar putusan itu dibaca Salman Alfarisi selaku hakim ketua didampingi hakim Daniel Elisa S, dan Miryanto di ruang sidang PN Bangko secara virtual.

Tiga terdakwa yakni M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) warga Bungo dijatuhi pidana penjara sama oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Bangko yakni 3 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana pada terdakwa dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda sebesar Rp 1,5 M dan dengan ketentuan apa bila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan 3 bulan," kata ketua majelis Hakim dikutip Tribunjambi.com, Kamis (10/6/2021).

Sementara itu untuk mobil truk bermerek fuso dikembalikan kepada pemilik karena sewaan, sedangkan alat berat, mesin diesel serta handphone terpidana disita untuk negara.

"Satu unit exkavator, satu unit mesin diesel dan handphone disita untuk negara," lanjut hakim.

Terkait keputusan itu tiga terdakwa menyatakan menerima keputusan hakim. Apakah terima atau pikir-pikir tanya kuasa hukum? Dan ketiga terdakwa menyatakan menerima keputusan tersebut. "kita terima," kata terdakwa.

Sementara itu Rizal Purwanto, Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus tersebut terkait itu mengatakan pikir-pikir dengan keputusan tersebut.

"Kami nyatakan pikir-pikir," kata Rizal Purwanto yang merupakan Kasi Pidum Kejari Merangin kepada majelis hakim.

Usai sidang, Rizal mengatakan pihaknya mempunyai waktu tujuh hari untuk menerima amar putusan tersebut atau melakukan upaya hukum.

"Ada waktu tujuh hari untuk menyatakan upaya hukum. Kami nyatakan pikir-pikir apakah menerima atau melakukan upaya hukum," tandasnya.

Pada persidangan itu, majelis hakim juga memerintahkan untuk menahan terpidana tersebut.

Baca juga: Perang Dewi Perssik Lawan Denise Charieta, Usai Sebut Si Pedangdut Bogel

Baca juga: Oknum Guru dan IRT Otak Sindikat Pencurian dan Penggelapan Mobil Rental, Korban Rugi Rp 3 Miliar 

Baca juga: Trailer Ikatan Cinta 10 Juni 2021: Sikap Jutek Andin Saat Bertemu Nino

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved