Breaking News:

Kisah Husni Jamal Menyusun Kamus Bahasa Jambi Seberang, Kumpulkan Kosakata Sejak 10 Tahun Lalu

Husni Jamal tergerak untuk memberi perhatian pada bahasa ibunya. Selepas pensiun tiga tahun lalu, dia semakin intens untuk mempelajari dan mempertahan

tribunjambi/wawan kurniawan
Husni Jamal (kanan) saat diwawancara Tribun Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jambi punya banyak kekayaan, termasuk dalam bahasa. Satu di antara bahasa yang dimiliki Jambi adalah Bahasa Seberang.

Namun belakangan, dialek masyarakat di sana kian dipengaruhi zaman. Seperti apa?

Husni Jamal tergerak untuk memberi perhatian pada bahasa ibunya. Selepas pensiun tiga tahun lalu, dia semakin intens untuk mempelajari dan mempertahankan Bahasa Seberang.

Melihat fenomena mulai tergerusnya Bahasa Seberang membuat Husni Jamal tergerak. Dia mulai menginventarisasi kosa kata bahasa masyarakat yang berada di Seberang Kota Jambi itu.

Kosakata itu telah dikumpulkannya lebih dari 10 tahun lalu dan dimuatnya dalam sebuah situs, bahasajambiseberang.blogspot.com.

"Kalau mengumpulkannya sudah lama, sudah lebih dari 10 tahun. Tapi memang intensif saya kompilasi, saya masukkan ke blog saya itu sekitar tiga tahun terakhir, sejak saya pensiun.

Kompilasi, karena saya bukan ahli bahasa karena saya bukan ahli bahasa. Tapi kompilasi itu berdasarkan kamus bahasa, sesuai abjadnya, ada lemanya, ada contoh kata. Saya mengacu pada kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jadi, terjemahan dari kompilasi Bahasa Jambi Seberang itu mengacu pada KBBI," demikian dia menjelaskan pada sesi wawancara bersama Tribun Jambi, beberapa waktu lalu.

Konon, Kota Jambi terdiri dari dua wilayah; yang berada di utara Sungai Batanghari dan di wilayah selatan Sungai Batanghari.

Dulu, orang yang bermukim di wilayah selatan itulah sebenarnya penduduk asli Kota Jambi.

Halaman
123
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved