Breaking News:

Jasindo Jambi Bayarkan Klaim Asuransi Usaha Tani Padi Rp387 Juta

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Cabang Jambi telah membayarkan klaim kepada petani yang terdaftar dalam program Asuransi Usaha Tani Padi

tribunjambi/vira ramadhani
Munfidzu Al Dustur, Branch Manager PT. Asuransi Jasindo Cabang Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Cabang Jambi telah membayarkan klaim kepada petani yang terdaftar dalam program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Jambi sebesar Rp387 juta.

Branch Manager PT Asuransi Jasindo Cabang Jambi, Munfidzu Al Dustur mengatakan, sampai Mei 2021 Jasindo Cabang Jambi telah membayar klaim AUTP kepada petani padi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan besaran klaim mencapai Rp387 juta.

"Untuk tahun ini badan usaha sudah membayarkan klaim kepada petani yang gagal panen di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Untuk di Provinsi Jambi klaim baru berasal dari Petani di Tanjab Timur,” ujarnya di Kantor Jasindo Jambi, Jalan Slamet Riyadi, Rabu (2/6).

Lanjutnya, klaim yang dibayarkan merupakan jaminan kerugian yang dibayarkan badan usaha kepada petani yang terdaftar AUTP pada periode November 2020.

“Pembayaran klaim ini menunjukan komitmen perusahaan untuk memberikan jaminan kepada petani padi atas kerugian yang mereka alami akibat gagal panen,” ungkapnya.

“Sebetulnya dengan mengikuti asuransi ini para petani bisa lega jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti petani di Tanjabtim ini, lahan padi mereka gagal panen akibat kekeringan atau kebanjiran," ujarnya.

Lanjutnya, pada pertemuan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD ) Provinsi Jambi pada beberapa waktu lalu, TPAKD juga meminta Asuransi Jasindo konsen pada pembinaan AUTP di Tanjab Timur.

“Jasindo ditargetkan dapat mencatatkan 1.000 hektare lahan sawah yang terdaftar AUTP di Tanjabtim,” ujarnya.

"Kemarin itu kita diminta bisa targetkan seribu hektare di Tanjabtim," tambahnya.

Sepanjang tahun 2020 Jasindo Cabang Jambi telah merealisasikan program AUTP mencapai 14 ribu hektare.

“Untuk tahun 2021 ini, masih di tengah masa pandemi, Asuransi Jasindo Cabang Jambi targetkan capai 10 ribu hektare. Dan kita akan lakukan berbagai upaya agar target peserta AUTP dapat tercapai,” jelasnya.

"Upaya yang kita lakukan seperti cara menggandeng pihak ketiga bundling produk, atau melalui CSR, dana APBD dan swadaya,” tambahnya.

Selama pandemi ini, pihaknya kesulitan menjangkau petani di desa karena keterbatasan ruang gerak, dan biasanya untuk sosialisasi ke petani dilakukan secara tatap muka.

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved