Breaking News:

20.709 Lansia di Provinsi Jambi Telah Divaksin Covid-19, Paling Sedikit di Muarojambi

Dinas Kesehatan ProvinsiJambi mencatat untuk Kabupaten Muarojambi baru terealisasi sebanyak 80 orang atau 0,32 persen untuk penyuntikan kedua. Sementa

Penulis: Zulkipli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/zulkifli azis
Raflizar Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Program vaksinasi lansia terus dilaksanakan di Provinsi Jambi. Sejauh ini Kabupaten Muarojambi tercatat sebagai daerah dengan realisasi vaksinasi Lansia terendah di Provinsi Jambi.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mencatat untuk Kabupaten Muarojambi baru terealisasi sebanyak 80 orang atau 0,32 persen untuk penyuntikan kedua. Sementara untuk suntikan ke dua baru 40 orang atau 0,16 persen.

Sementara, jumlah sasaran lansia yang akan divaksin di Kabupaten Muarojambi tersebut sebabnyak 25.242 orang lansia.

Lambatnya capaian vaksinasi di Muarojambi tersebut diduga karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

“Perlu adanya sosialisasi lagi ke masyarakat agar mereka mau divaksin,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizar.

Raflizar mengatakan, lambatnya realisasi vaksinasi di Muarojambi tersebut juga karena masih kentalnya kepercayaan masyarakat, bahwa vaksin tersebut tak menimbulkan efek apa-apa.

“Banyak untuk lansia di sana masih belum yakin, sehingga mereka tidak mau untuk divaksin,” tambahnya.

Kemudian juga, ada dari mereka saat bulan ramadan lalu, masyarakat tak ingin disuntik vaksin. Kata Raflizar mereka masih percaya, jika tetap dilakukan suntik vaksin, bisa membatalkan puasa.

“Ini baru info sementara yang kami terima, untuk lebih lanjutnya kita tidak tahu, karena ini ada di Pemkab atau Dinkes setempat yang melaksanakan,” jelasnya.

Dengan demikian, Dinkes Provinsi Jambi meminta kepada Kabupaten Muarojambi untuk melakukan percepatan vaksinasi ditahap kedua ini. “Kita minta ada gebrakan vaksinasi di sana untuk mengejar target,” sebutnya.

Kemudian juga, tak hanya di Kabupaten Muarojambi yang diminta untuk percepatan program tersebut, akan tetapi semua kabupaten kota di Provinsi Jambi untuk segera mengejar target.

“Akhirnya semua kita minta ini agar dipercepat, karena kita ingin memutus mata rantai Covid-19,” ungkapnya.

Dari data yang diterima, untuk sasaran vaksinasi untuk lansia di Provinsi Jambi ada sebanyak 275.309 orang. Sementara yang baru terealisasi ada sebanyak 20.709 orang.

Capaian tertinggi ada di Kota Jambi yang sudah terealisasi sebanyak 13.334 orang untuk suntik pertama dari target sebanyak 54.224 orang, atau terealisasi 24 persen.

Untuk mempercepat realisasi vaksinasi terhadap Lansia ini Pemerintah Provinsi bersama semua Kabupaten/kota akan mencanangkan pekan vakasinasi untuk lansia lada tanggal 8-9 Juni 2021 medatang.

Baca juga: Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 Secara Massal di Pasar Atas Sarolangun

Baca juga: Bank Indonesia Targetkan Merchant Pengguna QRIS Provinsi Jambi Sampai 120 Ribu

Baca juga: VIDEO Viral Pelanggan Syok Pesan Ayam Goreng yang Datang Malah Handuk Goreng Tepung

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved