Breaking News:

Berita Kota Jambi

Siap-siap Provinsi Jambi Canangkan Pekan Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia, Ini Waktunya

Hasil rapat yang dilakukan Pj Guebernur Jambi dengan Bupati/ Walikota Jumat (4/6/2021) kegiatan vaksinasi ini akan dilakukan pada 8 dan 9 Juni

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Rapat yang dilakukan Pj Gubernur Jambi dengan Bupati/ Walikota Jumat (4/6/2021) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Capaian vaksinasi untuk masyarakat lanjut usia di Provinsi Jambi masih tergolong rendah. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi melakukan inisiasi pekan serempak vaksinasi lansia yang akan diterbitkan melalui Instruksi Gubernur.

Hasil rapat yang dilakukan Pj Gubernur Jambi dengan Bupati/ Walikota Jumat (4/6/2021) kegiatan vaksinasi ini akan dilakukan pada 8 dan 9 Juni mendatang.

Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengatakan rapat ini untuk melaksanakan instruksi presiden dalam menekan (rem) penyebaran Covid-19, terutama vaksinasi bagi lansia yang di Indonesia masih rendah.

"Nanti akan dilakukan pada tanggal 8 dan 9 juni, jika belum selesai maka boleh dilanjutkan dalam satu pekan, intinya semuanya sudah disiapkan bahan vaksin sudah ada dari Provinsi dan kita distribusi. Sedangkan alat dan petugas dari Kabupaten kota," jelas wanita yang akrab disapa Dr.Nunung ini.

Ia mengatakan, untuk teknisnya kepala daerah juga bisa melakukan bantuan atau penarik perhatian kepada para lansia, seperti membagikan sembako saat pelaksanaan pekan vaksinasi ini.

Untuk target Vaskinasi lansia nantinya, Nunung mengatakan paling tidak harus ada 10 persen angka vaksinasi lansia yang bertambah dari target yang sudah ditetapkan.

Ia mengakui kondisi saat ini, vaksinasi lansia hanya ada pada Kota Jambi sebanyak 24 persen, angka ini bahkan juga sudah melebihi nasional di angka 15 persen.

“Sementara untuk Kabupaten/Kota lain masih di bawah 10 persen. Untuk itu kami harap bisa sampai 10 persen dari target masing-masing, kita akan jeput bola," terangnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizar menambahkan untuk vaksinasi lansia memang masih lambat pergerakannya.

Saat ini dari 275 ribuan sasaran yang diberikan kementarian baru 20 ribu yang disuntik.

“Artinya capaian cukup kecil, sehingga butuh gebrakan yang secara sistematis masif, dimulai dari inisiasi pemprov. Kita harap gebarakan ini mempunyai daya ungkit yang tinggi,” jelasnya.

Untuk vaksin yang disiapkan nantinya, Raflizar menyebutkan sudah siapakan 27 ribu vaksin Sinovac.

Baca juga: Daftar Formasi CPNS Kejaksaan RI 2021 untuk Lulusan SMA-S2 - Pengawal Tahanan, Jaksa, Ahli Komputer

Baca juga: Keponakan Lydia Kandou, Regina Kandou Jadi Kandidat Pendatang Baru Sinetron Ikatan Cinta

Baca juga: Kesepakatan Para Kepala Daerah di Jambi Untuk Benahi Kawasan Eks Arena MTQ di Kota Jambi

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved