Breaking News:

Berita Batanghari

Peta Sebaran Kasus Covid-19 di Batanghari Jadi Acuan Kegiatan Masyarakat, Jika Zona Merah Dibatasi

Sepekan peta risiko itu selalu diupdate, tak hanya status zona tingkat kabupaten saja, kali ini sudah sampai kecamatan, desa serta kelurahan.

(Tribunjambi/A Musawira)
dr Elfi Yennie selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Pemerintah Kabupaten Batanghari telah membuat zona resiko penyebaran Covid-19 hingga sampai desa dan kelurahan.

Sepekan peta risiko itu selalu diupdate, tak hanya status zona tingkat kabupaten saja, kali ini sudah sampai kecamatan, desa serta kelurahan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr Elfi Yennie mengatakan peta zona resiko akan menjadi acuan bagi pemerintah desa dan kelurahan untuk membatasi kegiatan masyarakat sesuai dengan zonanya.

Menurutnya, jika ada suatu desa dan kelurahan berzona oranye apalagi merah maka ada kegiatan yang tidak boleh dilakukan. Contohnya yang bersifat sosial kemasyarakatan sangat dibatasi.

“Saat ini di Batanghari ada 4 kecamatan zona oranye dan 4 zona kuning,” kata d Elfi Yennie selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari, Jumat (4/6/2021).

Penetapan zona antar kecamatan sampai desa dan kelurahan kata dr Elfi bukan hanya dari jumlah kasus yang terkonfirmasi tetapi pihaknya melihat dari sebaran kasus suspek, kasus aktif, peningkatan kasus dan replikasi kasus.

"Itu semuanya kita petakan dan kita perhitungkan sehingga dapatlah peta risiko,” ujarnya.

Sementara itu, untuk zona kuning dan hijau memang lebih luas banyak hal yang bisa dilakukan, namun zona oranye dan merah banyak sekali tidak bisa dilakukan.

“Kegiatan yang memang mengundang potensi kerumunan, sifatnya sosial kemasyarakatan barangkali itu memang harus dibatasi,” pungkasnya.

Diketahui, instruksi dari Mendagri nomor 12 bahwa PPKM skala mikro diperpanjangan dari 1 Juni-15 Juni 2021.

Baca juga: Batal Berangkat ke Tanah Suci, CJH Boleh Menarik Biaya Pelunasan Setoran BIPIH

Baca juga: Cerita Dailami, Pria 67 Tahun Batal Berangkat ke Tanah Suci Setelah Menunggu 19 Tahun

Baca juga: Profil Sonia Alyssa Pemeran Jenifer di Sinetron Ikatan Cinta, Pernah Bermain dalam Film Rasuk 2

Penulis: A Musawira
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved