Breaking News:

Berita Kota Jambi

Kesepakatan Para Kepala Daerah di Jambi Untuk Benahi Kawasan Eks Arena MTQ di Kota Jambi

Ini setelah adanya rapat bersama antara Pj Gubernur Jambi dengan para Bupati/Walikota membahas optimalisasi pemanfaatan aset Pemprov

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Para Kepala Daerah di Jambi Sepakat Benahi Kawasan Eks Arena MTQ di Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Para kepala daerah di Provinsi Jambi sepakat bersama-sama membenahi pengelolaan eks arena MTQ di dekat Bandara Kota Jambi.

Ini setelah adanya rapat bersama antara Pj Gubernur Jambi dengan para Bupati/Walikota membahas optimalisasi pemanfaatan aset Pemprov yang di dalamnya ada aset milik Kabupaten/kota berupa anjungan rumah adat.

Rapat yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (4/6/2021) pagi ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan yang berisikan sejumlah poin sebagai berikut.

Pertama, Pemeritah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi sepakat dan mendukung pengembangan pemanfaatan ruang dan bangunan eks arena MTQ menjadi salah satu Iqon Jambi.

Kedua, pengelolaan kawasan eks arena MTQ dilakukan secara profesional sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Ketiga, adanya kejelasan antara hak dan kewajiban dalam pemanfaatan bangunan anjungan dan lahan.

Keempat, akan disediakan lahan oleh Pemerintah Provinsi Jambi bagi Kabupaten/kota yang belum memiliki anjungan rumah ada seluas 600-1000 meter persegi dengan status pinjam pakai.

Kelima, bagi pemerintah Kab/kota yang telah memiliki anjungan, akan menganggarkan pada Apbd perubahab 2021 atau APBD Murni 2021.

Keenam, bagi pemerintah Kabupaten/kota yang belum memiliki anjungan, akan menganggarkan pada APBD 2022 sampai dengan tahun 2024.

Ketujuh, Pemerintah Provinsi menetapkan peruntukan kawasan eks arena MTQ sebagai kawasan wisata budaya Jambi dengan keputusan Gubernur.

Delapan, Kesepakatan ini akan ditindaklanjuti dengan hal-hal teknis yang dibutuhkan antar pihak.

Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengatakan ini suatu upaya untuk mengoptimalkan aset dalam rangka peningkatan pendapatan daerah dan masyarakat.

"Banyak cita-cita kita tentunya, mudah-mudahan Gubernur baru nanti bisa membuat one day trip. Begitu masyarakat turun dari pesawat langsung ke kawasan arena MTQ pasti incomnya akan luar biasa," kata Pj Gubernur.

Menurut Hari konsep pengelolaan eks arena MTQ ini akan dilakukan seperti pengelolaan TMII, di mana anjungan masing-masing Kabupaten/kota sepenuhnya dikelola Kabupaten/kota sementara Provinsi akan menyiapkan sarana-sarana umum lainya.

Baca juga: Anggota DPRD Muarojambi Soroti Para Kepala Dinas Hadir Rapat Paripurna Saat Ada Bupati Saja

Baca juga: Reaksi Pihak MNC Picture Saat Amanda Manopo Jenuh dengan Ikatan Cinta: Tidak Ada Permasalahan

Baca juga: Daftar Formasi CPNS Kejaksaan RI 2021 untuk Lulusan SMA-S2 - Pengawal Tahanan, Jaksa, Ahli Komputer

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved