Breaking News:

Berita Bisnis

Mei 2021 Komoditas Ikan Nila Jadi Andil Terbesar Terjadinya Inflasi Kota Jambi dan Muaro Bungo

Rabu (2/6/2021) Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi telah merilis data, Pada Mei 2021, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,39 persen dan Bungo...

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Mei 2021, Komoditas Ikan Nila Jadi Andil Terbesar Terjadinya Inflasi Kota Jambi Dan Muaro Bungo 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rabu (2/6/2021) Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi telah merilis data, Pada Mei 2021, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,39 persen dan Kota Muara Bungo inflasi sebesar 0,21 persen.
Laju inflasi tahun kalender Kota Jambi sebesar 0,58 persen dan Kota Muara Bungo sebesar 0,33 persen. Sedangkan inflasi year on year Kota Jambi sebesar 3,14 persen dan Kota Muara Bungo sebesar 1,91 persen.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan Inflasi di Kota Jambi terjadi pada 5 (lima) kelompok pengeluaran. Sedangkan inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 6 (enam) kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks.

Lima kelompok pengeluaran Kota Jambi yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 1,02 persen. Kelompok Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,12 persen. Kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,57 persen. Kelompok Transportasi sebesar 0,02 persen, serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,53 persen.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi
Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi (tribunjambi/vira ramadhani)

Sedangkan enam kelompok pengeluaran, yaitu kelompok Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,66 persen. Kelompok Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,27 persen. Kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,58 persen. Kelompok Transportasi sebesar 0,62 persen. Kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,11 persen, serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 1,86 persen.

“Komoditas utama yang memberi andil terjadinya inflasi pada Kota Jambi dan Muaro Bungo yaitu komoditas ikan nila,” ujarnya.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi Bulan Mei 2021 antara lain: ikan nila, daging ayam ras, udang basah, cumi-cumi, ikan dencis, emas perhiasan, ikan gabus, minyak goreng, tomat, dan daging sapi.

Sementara itu, komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo adalah ikan nila, emas perhiasan, bawang merah, daging ayam ras, jengkol, minyak goreng, angkutan antar kota, petai, baju muslim wanita, dan kentang.

Dikatakan Wahyudin, Dari 24 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, 20 kota mengalami inflasi, sedangkan 4 kota deflasi.

“Inflasi tertinggi se- Sumatera terjadi di Kota Meulaboh sebesar 0,79 persen dan terendah di Kota Tembilahan sebesar 0,01 persen,” katanya.

“Kota Jambi diurutan ke lima dan Kota Muara Bungo diurutan ke 12,” tambahnya.

Sementara itu, deflasi tertinggi terjadi di Kota Sibolga sebesar 0,30 persen dan terendah di Kota Palembang sebesar 0,02 persen.

Dan dari 90 Kota yang menghitung IHK di Indonesia, sebanyak 78 kota mengalami inflasi, dan 12 kota deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Manokwari sebesar 1,82 persen dan deflasi tertinggi terjadi di Kota Timika sebesar 0,83 persen,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani).

Baca juga: Kumpulan Link Tryout Materi Tes CPNS 2021 Gratis Dan Contoh Soal TIU Untuk Asah Kemampuan Menjawab

Baca juga: Suami dari Korban Mutilasi Tanpa Kepala Sebut Istrinya Sempat Berkelahi dengan Orang Tak Dikenal

Baca juga: Taman Terpadu Rimbo Bujang Ini Tempat Wisata Baru di Kabupaten Tebo, Ruang Hijau Banyak Fasilitas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved