Breaking News:

Health and Beauty

Konsumsi Ibu Hamil akan Pengaruhi Kualitas Gigi Janin, Pilih Sikat Lembut untuk Kekuatan Gigi

Merawat mulut perupakan faktor yang sangat penting. Bisa dikatakan awal dari penyakit bermula dari mulut yang tidak sehat, makanan sehat juga

TRIBUN JAMBI/M KURNIAWAN
Drg. Sonia Padang 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Merawat mulut perupakan faktor yang sangat penting. Bisa dikatakan awal dari penyakit bermula dari mulut yang tidak sehat, makanan sehat juga berasal dari mulut yang sehat.

Jika mulut terasa tidak nyaman juga akan berimbas dengan berkurang nya nafsu makan akibat mulut yang tidak nyaman.

Dokter Gigi (drg) Sonia Padang (25) membagikan tips dan trik singkat merawat gigi sehari-hari dan tips memilih sikat gigi yang benar.

Lagkah awal yang harus diperhatikan dalam merawat gigi ialah harus konsisten dalam menyikat gigi, dan ini merupakan hal utama yang sangat penting.

"Merawat mulut itu memang sangat penting, untuk tips dan trik singkat merawat gigi untuk di rumah, pertama harus sikat gigi 2 kali sehari jangan menunda dan jangan malas-malas, bisa sikat gigi pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Kedua harus rajin berkumur, karena sisa makanan manis maupun nasi yang mengandung gula juga harus di buang," jelas Sonia.

Hal apa yang perlu diperhatikan yang membuat gigi mudah rusak dan kebiasaan yang fatal untuk dilakukan?

Banyak faktor penyebab gigi mudah rusak, di antaranya faktor genetik, jenis makanan, pola makanan, dan juga saat di kandungan apa yang dimakan ibu berpengaruh pada anak.

"Banyak faktor yang membuat gigi mudah rusak seperti faktor genetik, pola makan dan lain sebagainya, dan juga ada beberapa kebiasaan yang fatal untuk dilakukan seperti menggigit kuku, menghisap jari, untuk menggeretakkan gigi juga bisa faktor genetik ataupun faktor stress," lanjutnya.

Kapan waktu ideal konsultasi ke dokter?

Konsultasi ke dokter memang sangat di perlukan dan dianjurkan dalam 6 bulan sekali.

Halaman
12
Penulis: Ade Setyawati
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved