Breaking News:

Femallenials

Kebocoran Data Pribadi yang Meresahkan, Mutia: Hanya Interaksi dengan Lembaga yang Terdaftar di OJK

Dugaan pencurian ataupun penyalahgunaan data pribadi untuk investasi online ilegal maupun pinjaman online ilegal belakangan ini sangat meresahkan.

ISTIMEWA/DOC PRIBADI
Femallenial Tribun Jambi, Mutia Ayu Hamida Sari 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dugaan pencurian ataupun penyalahgunaan data pribadi untuk investasi online ilegal maupun pinjaman online ilegal belakangan ini sangat meresahkan.

Seperti investasi online ilegal, ada yang tiba-tiba mendapat undangan melalui media sosial dengan jumlah pengikut di grup tersebut ribuan orang.

Ditambah lagi grup tersebut mengunggah foto-foto orang besar maupun aparat pemerintah yang memegang uang dengan jumlah yang tidak sedikit dan menambah keyakinan masyarakat.

Begitupun pinjaman online ilegal, ketika tiba-tiba seseorang mendapat email ataupun telepon penagihan karena belum membayar tagihan. Sedangkan ia tidak ada melakukan pinjaman.

Menurut Mutia Ayu Hamida Sari yang akrab disapa Mutia, yang pernah mengikuti Pemilihan Duta Inklusi 2020 lalu, menggunakan data pribadi memang harus sangat berhati-hati. Pastikan berinteraksi dengan lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK.

"Untuk Investasi online biasanya modal meyakinkan orang-orang dan untuk penggunaan data pribadi memang harus berhati-hati. Karena sekarang untuk pinjaman online juga marak sekali tiba-tiba dapat telepon karena belum bayar, sebenernya tidak ada yang meminjam," jelas Mutia.

Kebocoran data pribadi yang digunakan oknum pinjaman online ilegal juga bisa dari pinjaman online ilegal yang dilakukan sebelumnya.

Bisa juga bekerjasama dengan pinjaman lain untuk melakukan peneroran ataupun pengancaman jika peminjam tidak melakukan pembayaran.

"Atau bisa juga dia minjam di pinjaman online A terus tidak dibayar-bayar, jadi pinjaman online A menyerahkan ke pinjaman online B untuk menagih, meneror atau sebagainya dan pinjaman online B mendapat data diri dari pinjaman yang pertama," tambahnya.

Pemilihan tempat peminjaman online merupakan hal yang sangat penting, sebelum melakukan pinjaman pastikan bahwa tempat melakukan pinjaman online telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar kerahasiaan data pribadi lebih terjaga.

Halaman
123
Penulis: Ade Setyawati
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved