Breaking News:

Smart Mom

Rutin Jaga Kebersihan Mulut Anak, Hindari Jamur yang Pengaruhi Nafsu Makan

Menjaga kebersihan mulut bayi memang sangat penting, akibat dari mulut bayi yang kurang dijaga juga akan memengaruhi nafsu makan bayi.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Fifi Suryani
TRIBUN JAMBI/ADE SETYAWATI
Assyifa Khairunnisa Adzkia (1,5), dari dini sudah dibiasakan Ibunya Fitri Shylviana membersihkan mulut. Tujuannya gar jadi rutinitas guna menjaga kesehatan mulut. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menjaga kebersihan mulut bayi memang sangat penting, akibat dari mulut bayi yang kurang dijaga juga akan memengaruhi nafsu makan bayi. Selain itu, semakin awal orang tua mengajarkan kebiasaan menjaga kebersihan mulut kepada anak, anak juga akan semakin mudah menjadikannya rutinitas sehari-hari.

Menurut Fitri Shylviana (29), menjaga kebersihan mulut anaknya Assyifa Khairunnisa Adzkia (1,5) sejak dini sangatlah penting, seperti menggosok gusi dan gigi anak sejak bayi.

"Menjaga kebersihan mulut anak itu menurut saya sangat penting, seperti menggosok gigi anak, Assyifa mulai gosok gigi dari umur 1 bulan dengan kasa steril," jelas Fitri.

"Sekarang dia berumur satu setengah tahun dan sudah menggunakan sikat gigi khusus seusianya," tambahnya.

Tujuan menyikat gigi anak sejak masih bayi, ialah untuk menghilangkan putih-putih sisa-sisa susu yang ada di dalam mulut anak, sisa-sisa susu ini membuat timbulnya jamur yang membuat anak merasa tidak nyaman.

Begitu pula ketika anak berumur 6 bulan ke atas, anak yang sudah mulai tumbuh gigi dan mulai makan, dengan menggosok gigi menghindarkan dari jamur yang membuatnya merasa tidak nyaman dan rasa tidak nyaman ini juga membuat nya kehilangan nafsu makan, dan hal ini jarang disadari ibu-ibu.

"Untuk anak yang masih bayi, sisa dari susu bisa menimbulkan jamur dan begitu pula dengan anak yang sudah mulai tumbuh gigi dan makan, sisa makanannya bisa membuat mulut anak timbul jamur dan membuatnya kehilangan nafsu makan," lanjutnya.

"Selain itu, sesekali memijat gusi bayi juga merangsang pertumbuhan gigi lebih cepat, dan hal itu juga membuat bayi merasa lebih nyaman," tutupnya.

Kebiasaan membersihkan mulut anak sejak kecil juga sangat berdampak ketika anak semakin bertumbuh, dimana usia-usia 6 tahun sangat sulit menggosok gigi, dengan membiasakan membersihkan mulut anak sejak kecil anak akan semakin mengerti pentingnya menjaga kesehatan mulut.

Ia juga mengatakan ketika belum tumbuh gigi atau anak masih tumbuh 2 atau 3 gigi, bisa menggunakan kasa steril ataupun sikat gigi karet dan gosok secara perlahan, di pijat-pijat sedikit, dan ketika mau berpindah ke gosok gigi khusus buat usia anak, pastikan pilih yang sesuai dengan anak termasuk ukuran sikatnya jangan terlalu besar dan pastikan anak nyaman dengan sikat nya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved