Breaking News:

Berita Muarojambi

Januari hingga April 2021, Sudah 51 Kasus Angka Pernikahan Dini di Muarojambi, Ini Penyebabnya

Kata Emaneli, rata-rata usia masyarakat Muarojambi yang mengajukan permohonan dispensasi pernikahan di usia 14-16 tahun..

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Nani Rachmaini
Tribunjambi/Hasbi sabirin
Emaneli juru bicara Pengadilan Agama Kabupaten Muarojambi 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Januari hingga April tahun 2021, kantor Pengadilan Agama Kabupaten Muarojambi sudah terima 51 permohonan dispensasi pernikahan di Kabupaten Muarojambi.

51 permohonan dispensasi nikah atau pernikahan usia dini di Pengadilan Agama Kabupaten Muarojambi tahun 2021 ini sudah selesai ditangani dan disidangkan.

Hal ini disampaikan oleh Emaneli juru bicara Pengadilan Agama Kabupaten Muarojambi, jumlah dispensasi pernikahan pada tahun 2020 terdapat 172 kasus, sementara sejak Januari hingga April tahun 2021 terdapat 51 kasus dan belum sampai setahun.

Kata Emaneli, rata-rata usia masyarakat Muarojambi yang mengajukan permohonan dispensasi pernikahan di usia 14-16 tahun, alasannya pun kian bermacam-macam ada yang hamil duluan dan ada akibat pergaulan bebas.

"Permohonan untuk dispensasi nikah ini salah satu penyebabnya adalah akibat pergaulan bebas dan sudah mengalami hamil diluar nikah, dari 51 permohonan ini tiap Kecamatan di Muarojambi pasti ada," kata Emaneli Senin (24/5/21).

Ia juga mengatakan, pemberian dispensasi nikah adalah hak kepada seseorang untuk menikah meski belum mencapai batas usia minimum, melalui pengajuan permohonan oleh orang tua kedua belah pihak calon mempelai ke pengadilan agama.

"Sebelumnya batas usia minimal perempuan untuk menikah adalah 16 tahun, saat ini usia perkawinan itu berada di umur 19 tahun, antara laki-laki dan perempuan sekarang sama, ini berdasarkan revisi dalam UU No.16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang berlaku sejak 15 Oktober 2019 lalu,"tuturnya.

(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca juga: BREAKING NEWS Diduga Simpan Minyak, Gudang di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas di Bungo Terbakar

Baca juga: Materi Tes CPNS 2021 - Contoh Soal TIU Analogi Padanan Kata, Jawaban dan Pembahasan

Baca juga: Materi Tes CPNS 2021- Pengertian Integritas Diri dan Contoh Penerapan Dalam Lingkungan Kerja

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved