Breaking News:

Penjual Offset Harimau Sumatera Dilimpahkan ke Kejaksaan, Satu Pelaku Mantan Kepala Desa di Bungo

Tim penyidik Ditreskrimus Polda Jambi akhirnya limpahkan tiga tersangka penjualan offset harimau dan gading gajah Sumatera ke pihak Kejaksaan.

tribunjambi/aryo tondang
Tim SPORC bersama Korwas Polda Jambi serahkan barang bukti ke Kejati Jambi. 

Penjual Offset Harimau Sumatera Dilimpahkan ke Kejaksaan, Satu Pelaku Mantan Kepala Desa di Bungo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tim penyidik Ditreskrimus Polda Jambi akhirnya limpahkan tiga tersangka penjualan offset harimau dan gading gajah Sumatera ke pihak Kejaksaan.

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono menjelaskan, usai memeriksa secara intensif di Mapolda Jambi, tepat pada Rabu (19/5/2021) berkas perkara ketiga pelaku, yakni AW (55) HL (53) dan JAG (31) resmi menjadi tahanan Jaksa.

"Iya benar sudah kita limpahkan ke JPU," kata Sigit, Jumat (21/5/2021) sore.

Penyerahan tersangka dan barang bukti satu ekor Offset Harimau Sumatera dan gading Gajah Sumatera tersebut diserahkan langsung oleh SPORC bersama korwas Polda Jambi.

Ketiga tersangka dijerat dengan pasal Pasal 21 ayat 2 huruf d UU No 5 tahun 1990, Ketentuan pidana pasal 40 ayat 2 dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan denda Rp 100 juta.

Data terakhir yang dihimpun tribun, satu tersangka berinsial AW merupakan mantan Rio atau Kepala Desa di wilayah Muara Bungo.

Sebelumnya, tiga warga Jambi, yakni AW, Hl dan JAG, diringkus tim gabungan Ditreskrimsus Polda Jambi dan Gakkum LHK Wilayah Sumatera, lantaran terlibat dalam penjualan Offset harimau sumatera dan dua gading gajah sumatera.

Ketiganya diringkus di dua lokasi dan waktu yang berbeda, AW (55) penjual offset Harimau Sumatera diringkus di wilayah Jalan Lintas Sumatera, KM 3, RT 36,  Kelurahan Mensawang, Bangko, Merangin, Jambi, pada Selasa (23/3/2021).

Kepada penyidik, AW mengaku akan menjual offset harimau tersebut senilai Rp 150 juta.

Sedangkan pelaku penjual dua gading Gajah Sumatera, yakni, HL(53) dan JAG (31) berhasil diamankan di Jalan Lintas Jambi Bungo Desa Manggis, Batin III, Bungo, Jambi, Rabu (24/3/2021), keduanya mengaku akan menjual gading tersebut senilai Rp 60 juta.

Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, pasca mengamankan ketiga pelaku, pihaknya masih melakukan pengembangan, terkait pemilik offset harimau sumatera dan gading gajah sumatera tersebut.

Katanya, tiga orang yang diamankan tersebut merupakan perantara, dari pemilik offset terhadap calon pembeli.

"Kita masih dalami, mau kemana dan milik siapa. Ketiga ini berperan sebagai perantara," kata Sigit, beberapa waktu lalu.(tribun jambi/aryo tondang)

Penulis: Aryo Tondang
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved