Berita Kota Jambi

Arus Keberangkatan Penumpang di Terminal Alam Barajo Semakin Meningkat

Lanjutnya, untuk mereka yang tak lengkap dengan surat bebas Covid-19 ini, akan berbahaya jika di perbatasan ada penyekatan atau pengetatan terkait pro

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Arus Keberangkatan Penumpang di Terminal Alam Barajo Semakin Meningkat 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Sejak dibuka kembali, tingkat keberangkatan arus balik di terminal Alam Barajo Kota Jambi kian meningkat. Setidaknya ada 1.390 orang dengan 79 bus yang melakukan keberangkatan dari Jambi ke Provinsi tetangga. Sayangnya, dari jumlah tersebut ada sekitar 674 penumpang yang tak membawa surat bebes Covid-19.

“Memang untuk tiga hari ini banyak yang melakukan keberangkatan, tapi banyak pula yang tak membawa rapid antigen,” kata Ibrahim Koordinatir Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Alam Barajo Kota Jambi, Jumat (21/5).

Lanjutnya, untuk mereka yang tak lengkap dengan surat bebas Covid-19 ini, akan berbahaya jika di perbatasan ada penyekatan atau pengetatan terkait prokes. Ini sudah menjadi resiko. Ibrahim menyebutkan, dari terminal Alam Barajo, tak mempunyai kebijakan untuk melakukan rapin antigen atau lain sebagainya.

“Kita sifatnya hanya pelayanan saja, karena ini akan terjadi penyekatan hingga Senin mendatang. Barangkali di perbatsaan antar provinsi terdapat sarana untuk rapit antigen,” tambahnya.

Dia juga menyebutkan, dari mereka yang tak memiliki surat bebas Covid-19 ini, yang akan melakukan perjalanan ke Padang, Sumatera Barat. Kata Ibrahim, pihaknya juga telah meminta kepada tim Satgas Covid-19 dan Dinkes Kota Jambi untuk menyediakan tenaga medis yang menangani hal tersebut. Namun sampai saat ini belum ada.

“Koordinasi sudah kita lakukan, Cuma belum ada tindakan sampai saat ini, jadi mereka yang tak punya surat bebas Covid-19 itu tetap kita berangkatkan,” sebutnya.

Diketahui, terhitung 18 Mei kemarin, larangan mudik telah dicabut. Saat itu telah terjadi peningkatan, pada arus mudik atau yang melakukan keberangkatan. 18 Mei itu, terdapat 13 bus yang melakukan keberangkatan dengan jumlah penumpang 470 orang.

Kemudian 19 Mei terdapat 48 bus dengan 478 orang penumpang dan 20 Mei terdapat 18 bus dengan 442 orang penumpang yang melakukan keberangkatan. Sehingga total sampai saat ini mencapai 79 bus “Ada yang ke pulau jawa ada juga yang ke suamatera Barat,” ungkapnya.

Sementara, untuk jumlah orang yang masuk ke Provinsi Jambi masih sangat sedikit, sampai saat ini baru ada 19 bus dengan jumlah penumpang 261 orang. Untuk mereka yang baru sampai ke Jambi ini karena hendak melakukan aktivitas kerja kembali, usai libur idul fitri.

Tercatat, pada 18 Mei ada 4 bus dengan jumlah penumpang 80 orang, kemudian 19 Mei ada 4 bus dengan 16 orang penumpang, 20 Mei ada 8 bus dengan 99 orang penumpang dan 3 bus dengan 66 orang jumlah penumpang yang datang ke Jambi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved