Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Kakanwil Kemenkumham Jambi Jahari Sitepu, Jambi Miliki Hak Cipta Tengkuluk

"Mereka, ada istilahnya, berebut napas di dalam lapas," ujar Jahari Sitepu soal lapas dan rutan yang over kapasitas

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUN JAMBI/MAREZA SUTAN AJ
Kakanwil Kemenkumham Jambi Jahari Sitepu (dua dari kanan) 

    

Kemarin, Tribun Jambi berkesempatan mewawancarai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jambi, Mhd Jahari Sitepu, SH, MSi didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Aris Munandar, dan Kepala Divisi Keimigrasian, Morina Harahap.

Wawancara dapat disimak dalam petikan berikut.

Ada berapa satuan kerja Kemenkumham di wilayah Provinsi Jambi?

Kemenkumham: Di wilayah Kanwil Jambi, Lapas dan rutan sebanyak 14. Ada satu rutan yang terletak paling jauh, di Kerinci. Kemudian lapas ada 11, Rupbasan (rumah penyimpanan benda sitaan negara) ada satu, lapas khusus ada dua. Kemudian imigrasi ada tiga. Jadi jumlah satker (satuan kerja) di wilayah Provinsi Jambi ada 18.

Kanwil mengusulkan 15 untuk TPI. Tahun 2020, satu-satunya di lapas narkotika yang mendapat WBK ada di Provinsi Jambi. Di Imigrasi ada tiga, dua di antaranya mendapat WBK.

Dalam Hari Pemasyarakatan, banyak kegiatan. Di antaranya mengunjungi rumah ibadah, memberikan santunan kepada anak yatim piatu. Kami juga mengumpulkan sumbangan untuk diberikan sebagai hidangan berbuka puasa yang kami bagikan di depan Kanwil Kemenkumham, sebanyak 1000 bungkus.

Kegiatan apa saja yang dilangsungkan di sana?

Kemenkumham: Banyak kegiatannya. Misalnya, ketika di lapas belum pandai mengaji, kemudian kita bina sampai bisa, sehingga keluar lapas nanti bisa mengajarkan kepada yang lain. Mereka juga membuat keterampilan.

Pembinaan di pemasyarakatan itu ada dua: pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian. Lapas juga bekerja sama dengan instansi lain untuk melakukan pembinaan tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved