Breaking News:

berita daerah

Polisi Pastikan Kanal Air Berfungsi Untuk Mengatasi Jika Terjadi Karhutla

Guna mengantisipasi terjadinya karhutla di lahan gambut yang berada di Desa Betung, Kecamatan Kumpe, Kabupaten Muarojambi, pihak Polres Muarojambi

tribunjambi/hasbi sabirin
Polres Muarojambi melakukan penyekatan kanal air. Guna mengantisipasi terjadinya karhutla di lahan gambut yang berada di Desa Betung 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Guna mengantisipasi terjadinya karhutla di lahan gambut yang berada di Desa Betung, Kecamatan Kumpe, Kabupaten Muarojambi, pihak Polres Muarojambi lakukan penyekatan kanal air.
Polresolres Muarojambi telah membuat sekat kanal tidak jauh dari menara kanal air di kilometer 1,5 Desa Betung. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto melalui Kasubang Humasnya, AKP Amradi.

Baca juga: Kapolres Patroli Menggunakan Motor Memastikan Tempat Wisata Tidak Beroperasi

"Saat ini tim kita telah melaksanakan perbaikan skat kanal di kilometer 1, penyekatan ini agar beban DAM tidak terlalu berat dan dapat difungsikan sumber air kanal dapat digunakan jika terjadinya karhutla,"kata AKP Amradi, Minggu (16/5).
Ia juga mengatakan, intensitas curah hujan di Muarojambi beberapa pekan terakhir sangat sedikit. Hal itu bisa menyebabkan kekurangan pasokan sumber air untuk pemadaman jika terjadi karhutla. Begitu juga sebaliknya, jika intensitas hujan di Muarojambi terlalu deras bisa berdampak terhadap sekat kanal jebol hingga airnya meluap.

Baca juga: ABG di Merangin Menangis Histeris saat Terjaring, Pasangannya Kabur saat Operasi Pekat

Di samping itu pihak Polres Muarojambi juga telah menggantisipasi datang musim kemarau. Secara terus menerus telah mereka pantau lokasi yang dianggap rawan karhutla di Desa Betung dan telah selesai dikerjakan.

Baca juga: Bagikan 50 Smartphone dan 1.000 Paket Data, Telkomsel Umumkan Pemenang Hadiah Program MBJJ

"Kami meminta dan mengimbau semua masyarakat Muarojambi untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Baik dari pihak masyarakat maupun perusahaan dan apabila tetap melanggar kita akan berikan tindakan tegas sesuai hukum berlaku,"ujarnya. (cbi)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Hendri Dunan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved