Breaking News:

Tahun Ini Pengumpulan Zakat Mal di Masjid Agung Al-Falah Jambi Turun Drastis

Sedangkan untuk perbedaan tahun ini dan tahun sebelumnya selain protokol dan dilarang berkumpul, juga mengalami penurunan di zakat mal.

Tribunjambi/Monang
Penerimaan Zakat Fitrah di Masjid Agung Al Fallah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Masjid Agung Al-Falah Jambi mulai penerimaan Zakat pada tanggal 5 Mei 2021 hingga tanggal 12 Mei 2021 pukul 22:00, dan penerimaan Zakat Fitrah masih normal sedangkan untuk Zakat Mal sangat sedikit.

Mekanisme pengumpulan zakat Masjid Agung Al-Falah Jambi berdasarkan Al-Quran dan hadits, selain itu juga sesuai aturan dari BAZNAS.

"Mekanismenya tentu saja sesuai dengan Al-Qur'an dan hadits, selain itu juga sesaui aturan BAZNAS, dimana rumah ibadah diperbolehkan membuat unit pengumpulan zakat," jelas Syahruddin selaku Ketua, Rabu (12/5/2021).

"Berdasarkan hal tersebut, pada tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi kami ditugaskan membentuk panitia Amil zakat di masjid Agung Al-Falah yang terdiri dari ketua : Drs. H. Syahruddin, sekretaris : Rajo Bungsu M.Pd.I, bendahara : Muhammad Zubir S.Pd.I dan anggota-anggota pengumpul, Pendistribusian serta keamanan," ucapnya.

Sejak tanggal 5 Mei hingga tanggal 12 Mei 2021, sudah terkumpul ratusan beras dan puluhan juta uang zakat.

"Hingga saat ini, sudah terkumpul Muzzaki 1030 orang, kemudian beras sejumlah 436 kg dan juga uang sejumlah Rp.55.735.700, dan masih menerima hingga pukul 10 malam," tambahnya.

Seluruh zakat yang telah diterima oleh panitia pengumpulan zakat Masjid Agung Al-Falah Jambi 2021 juga sudah mulai dibagikan pada pukul 10:00 pagi hingga sekarang.

Sistem pembagian zakat juga sedikit berbeda, hanya perwakilan dari ketua RT yang datang dan di minta untuk mencari asnaf atau yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin.

"Kami memberikan lingkungan Masjid Agung Al-Falah Jambi, mulai dari RT.1 hingga RT. 20, selain fakir miskin, untuk asnaf lain ada mualaf, dan mudah-mudahan uang yang kita dapat semua habis, jadi kami tidak ada saldo, biarpun malam masih ada yang antar itu juga akan lagsung kami salurkan ke RT agar RT segera menyalurkan ke asnaf," lanjutnya.

Sedangkan untuk perbedaan tahun ini dan tahun sebelumnya selain protokol dan dilarang berkumpul, juga mengalami penurunan di zakat mal.

"Untuk tahun ini zakat mal sangat sedikit sekali hanya sekitar Rp.18 juta, dan hanya zakat fitrah yang tidak mengalami perubahan, untuk tahun-tahun sebelumnya zakat mal juga tinggi tidak jauh berbeda dari zakat fitrah yaitu sekitar Rp.50 juta lebih," tutupnya.

Ia juga mengatakan kami menghimbau kepada umat Islam mengeluarkan zakat melalui Amil Masjid Agung Al-Falah Jambi, dan sebagai panitia kami akan bekerja sebaik mungkin.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Tata Cara Serta Bacaan Takbir

Baca juga: Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Malam Takbiran, Ada Memiliki Keutamaan Sebagai Ampunan

Baca juga: Empat Orang Kerinci Luka Bakar Akibat Tabung Gas Semburkan Api

Penulis: Ade Setyawati
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved