Breaking News:

Penerimaan Zakat Fitrah di Masjid Agung Al Fallah Saat Ini Masih Jauh dari Sebelum Covid-19

Penerimaan zakat tersebut sudah dimulai sejak 5 Mei lalu di area pelataran Masjid Agung Al Fallah.

Tribunjambi/Monang
Penerimaan Zakat Fitrah di Masjid Agung Al Fallah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Unit pengumpul zakat di Masjid Agung Al Fallah, Kota Jambi, telah membuka pelaksanaan penerimaan zakat fitrah, mal, infaq, dan shadaqah.

Penerimaan zakat tersebut sudah dimulai sejak 5 Mei lalu di area pelataran Masjid Agung Al Fallah.

Ketua Amil Zakat Masjid Agung Al Fallah, Syahrudin mengatakan, nilai kadar zakat fitrah tahun ini sudah ditentukan melalui hasil rapat bersama pihak terkait pada awal Ramadan.

Yakni, kategori tertinggi Rp 41.600 per jiwa, menengah Rp 38.400, dan terendah Rp 30.400 atau beras seberat 2,8 kilogram per jiwa.

"Untuk yang tertinggi Rp 41.600 per jiwa, menengah Rp 38.400, dan terendah Rp 30.400 atau beras seberat 2,8 kilogram per jiwa," ungkapnya, Selasa (11/5/2021).

Ia pun menyebutkan, untuk mekanisme penerimaan zakat di tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, mengingat kondisi saat ini juga masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Jadi setiap pelaksanaan penerimaan atau penyerahan zakat wajib menerapkan protokol kesehatan. Yakni, pihak kami menyiapkan tempat untuk mencuci tangan dan selalu menggunakan masker. Kemudian, menjaga jarak antar yang membayar zakat dengan petugas penerima zakat," jelasnya.

Sementara itu, jumlah hingga saat ini yang telah melaksanakan zakat di Masjid Agung Al Fallah sebanyak 632 orang. Jumlah ini jauh dari saat sebelum pandemi.

"Dulu sebelum pandemi, jumlah yang menyerahkan zakat bisa sampai ribuan orang. Mungkin ini juga dipengaruhi karena banyak orang yang tidak dapat mudik. Sehingga warga Jambi yang di luar kota, tidak dapat membayarkan zakatnya ke sini," terangnya.

Syahrudin pun menyebutkan jumlah beras yang terkumpulkan sebanyak 263 kg beras.

"Lalu untuk zakat mal sejumlah Rp 18.600.000 dan zakat fitra Rp 20.644.000. Untuk yang lainnya masih kosong," katanya.

Dirinya mengatakan untuk pendistribusian zakat akan dilakukan secara bertahap kepada 20 RT yang ada di sekitar Masjid Agung Al Fallah ini.

"Sore ini akan kita laksanakan tahap pertama dan besok pagi kita lanjutkan lagi. Semakin cepat semakin baik. Agar masyarakat yang membutuhkan juga bisa menggunakan uang ini untuk kebutuhan mereka," pungkasnya.

Baca juga: Jelang Idul Fitri Rerata Harga Beras di Swalayan Jambi Turun

Baca juga: Kabupaten Muarojambi Tertinggi Kasus Pencabulan, Ini Penyebabnya

Baca juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi di Jambi Dalam Sepekan

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved