Breaking News:

Berita Batanghari

Pemkab Batanghari Keluarkan Surat Maklumat Bersama Salat Idul Fitri di Zona Merah & Oranye Dilarang

Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari memutuskan, pelaksanaan salat Idulfitri 1442 Hijriah dilarang digelar di masjid dan di lapangan

Istimewa
Maklumat Bersama antara Pemerintah Kabupaten Batanghari, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari memutuskan, pelaksanaan salat Idulfitri 1442 Hijriah dilarang digelar di masjid dan di lapangan yang berada di zona merah dan oranye, Selasa (11/5/2021).

Warga dianjurkan melaksanakan salat Idulfitri di rumah saja. Kemudian takbiran hanya boleh dilaksanakan di masjid, musala dengan kapasitas jamaah maksimal 10 persen.

Larangan tersebut tercantum dalam Maklumat Bersama antara Pemerintah Kabupaten Batanghari, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kantor Kementrian Agama Kabupaten Batanghari dengan nomor: 451/2967/V/KESRA/2021, Nomor: B-1036/Kd.05.2/3/BA.01.1/05/2021 dan B.023/DP.MUI-BH/03/V/2021.

Isi dari Maklumat Bersama itu menyampaikan penyelenggaraan salat idulfitri yang wilayahnya berada pada zona merah dan oranye agar dilaksanakan di rumah masing-masing.

Namun bagi wilayah yang berada di zona kuning dan hijau dapat melaksanakan salat idulfitri di masjid, musala dan di lapangan dengan ketentuan yang ada.

Pertama, ketersediaan tempat mencuci tangan, jarak minimal 1 meter dengan jemaah, kemudian jemaah yang hadir tidak lebih dari 50 persen dari rumah ibadah dan kapasitas lapangan, disetiap masjid adanya alat pengecek suhu dan terakhir, jemaah diwajibkan memakai masker.

Setelah salat idulfitri diperbolehkan untuk berziarah ke makam keluarga secara bergantian dengan tetap menerapkan prokes. Dan pengurus makam agar menyiapkan petugas pengawas.

Selain itu, tidak ada acara halal bi halal, open house maupun merayakannya dengan berbagai kegiatan atau perlombaan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr Elfi Yennie mengatakan berdasarkan peta sebaran penyebaran Covid-19 di Kabupaten Batanghari hanya satu dinyatakan zona kuning yaitu Kecamatan Mersam.

Kecamatan Muara Bulian, Pemayung, Batin XXIV dan Kecamatan Bajubang zona merah.

Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Maro Sebo Ilir termasuk dalam zona oranye.

Baca juga: VIDEO Rumah Quran Center Ludes Dilalap Api

Baca juga: HASIL Sidang Isbat Penentu Idul Fitri 1442 Hijriah Bisa Diakses Secara Live Streaming Sore Ini

Baca juga: Boleh di Mesjid dan di Lapangan, Mesjid Agung Al Falah Jambi Gelar Salat Idul Fitri Berjamaah

Penulis: A Musawira
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved