Breaking News:

Berita Nasional

Densus 88 Disebut Mudah Tangani KKB Papua Usai Dilabeli Gerakan Teroris, Ungkap Sumber Dana KKB

Menindaklanjuti hal tersebut, TNI pun langsung menerjunkan prajurit-prajurit terbaiknya ke Papua untuk menumpas KKB di sana.

Kompas.com
Irjen Pol Paulus Waterpauw bicara terkait sumber dana KKB 

TRIBUNJAMBI.COM - Kembali buat onar, KKB Papua memang diketahui tengah menjadi sorotan masyarakat.

Ya, keonaran yang makin menjadi-jadi itu dibuat usai pemerintah melabeli kelompok kriminal bersenjata yang sering membuat onar di Tanah Mutiara Hitam itu sebagai gerakan teroris.

Seperti diwartakan Sosok.ID sebelumnya, penetapan KKB Papua sebagai gerakan teroris tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam konferensi pers yang digelar Kamis (29/4/2021).

"Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris," ujar Mahfud MD seperti dikutip dari Live Breaking News KOMPAS TV, Kamis (29/4/2021).

Pasukan KKB Papua.
Pasukan KKB Papua. (istimewa via Tribun Manado)

"Jadi yang dinyatakan oleh Ketua MPR, BIN, TNI, Polri, dan tokoh-tokoh Papua yang datang kesini menyatakan mereka yang melakukan pembunuhan dan kekerasan secara brutal itu secara masif," ungkapnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, TNI pun langsung menerjunkan prajurit-prajurit terbaiknya ke Papua untuk menumpas KKB di sana.

400 prajurit dari Yonif 315/Garuda yang berjuluk 'Pasukan Setan' hingga 500 prajurit dari Yonif Raider Khusus 751/VJS sudah dikerahkan.

Prajurit-prajurit itu dikerahkan dengan strategi yang berbeda-beda.

Tapi hingga kini, mereka juga masih kesulitan menangani kelompok tersebut.

Dilansir dari Tribun Papua, Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw turut mengungkapkan beberapa faktor yang mendasarinya.

Halaman
12
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved