Breaking News:

Berita Internasional

China Mulai Gerogoti Wilayah Afrika, Disebut Bakal Meninggalkan Laut China Selatan, Punya Misi Lain?

Ia menyebut bahwa Beijing tengah mencari lokasi untuk membangun pelabuhan angkatan laut besar untuk menampung kapal selam atau kapal induk di pantai

SCMP / XINHUA
Presiden China Xi Jinping saat melakukan inspeksi pasukan sebelum digelarnya parade perayaan 70 tahun Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, di Qingdao, Provinsi Shandong, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJAMBI.COM - China semakin merajalela, seolah tak cukup ingin menguasai lautan di wilayah Pasifik khususnya di Laut China Selatan, China kabarnya tengah berencana membangun pangkalan militer Angkatan Lautnya di Samudra Atlantik.

Bahkan desas-desus mengatakan bahwa Negeri Tirai Bambu itu sudah memepet negara-negara di benua Afrika yang bersinggungan langsung dengan Samudra Atlantik.

Dilansir dari The Sun, seorang jenderal tinggi AS, Stephen Townsed turut memberikan peringatan tersebut.

Ia menyebut bahwa Beijing tengah mencari lokasi untuk membangun pelabuhan angkatan laut besar untuk menampung kapal selam atau kapal induk di pantai barat Benua Afrika.

Pangkalan militer di Laut China Selatan.
Pangkalan militer di Laut China Selatan. (24h.com.vn)

China juga dikabarkan telah mendekati negara-negara yang membentang dari Mauritania ke arah selatan hingga Namibia, dengan maksud untuk membangun fasilitas dari angkatan laut.

Jika terwujud, prospek tersebut juga memungkinkan China untuk mengembangkan kapal perang Angkatan Lautnya di kawasan Pasifik dan Atlantik.

Jenderal Townsed yang mengepalai Komando Afrika AS mengatakan: "Mereka mencari tempat di mana mereka dapat mempersenjatai kembali dan memperbaiki kapal selamnya."

China sendiri diketahui telah memiliki pangkalan angkatan laut di Djibouti yang dijuluki Tanduknya Afrika.

Pangkalan yang dibangun bertahun-tahun lalu itu terus ditingkatkan kapasaitasnya hingga saat ini.

Jenderal Townsed mengatakan, ada sebanyak 2.000 personel Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Navy di pangkalan tersebut.

Halaman
123
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved