Breaking News:

Berita Daerah

Tidak Diizinkan Salat di Masjid, Khusus Daerah Zona Merah Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melarang Salat Idul Fitri diselenggarakanya di masjid dan musala di daerah zona merah dan orange Covid-19.

tribunjambi/musawira
Tim Satgas Covid-19 Batanghari menutup masjid yang berada di zona merah untuk sementara waktu. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melarang Salat Idul Fitri diselenggarakanya di masjid dan musala di daerah zona merah dan orange Covid-19.
Pelaksanaan salat Idul Fitri akan mengacu kepada zona resiko yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan baik itu di desa dan kelurahan. Hal itu disampaikan juru bicara satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr Elfi Yennie, Minggu (9/5).

Baca juga: Amalan Yang Dianjurkan Dikerjakan 10 Hari Terakhir Ramadan Lengkap Dengan Doa Bertemu Ramadan Lagi

“Misalnya suatu desa dinyatakan zona merah maka tidak diperbolehkan aktivitas salat Idul Fitri dilaksanakan di tempat ibadah,” kata dr Elfi Yennie.
Lanjutnya, daerah tertentu yang masih memungkinkan, tetap diperkenankan melaksanakan salat Idul Fitri. Tetapi di tempat yang tersebar tidak terpusat disuatu tempat saja. Contohnya sebagian di musala dan di masjid, dan lebih dianjurkan di tempat terbuka.

Baca juga: Kue Kering Ramai Diburu, Omzet Pedagang Capai Rp2 Juta/Hari

“Tetapi arahan itu tidak berlaku untuk wilayah zona merah. Jadi ini untuk zona hijau dan kuning, yang bisa melaksanakan,” ujar jubir satgas.
Leading sektor seperti Kantor Kementrian Agama sudah menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pemerintah daerah. Selanjutnya mereka akan menginformasikan kepada seluruh dai, imam masjid dan pondok pesantren.

Baca juga: Laris Manis Jelang Lebaran, Abaya yang Makin Digandrungi

“Mereka yang nanti akan menjadi khotib disela-sela penyampaianya akan mengisi terkait poin-poin Covid-19 agar masyarakat mengerti bahaya-bahaya dari virus corona ini,”katanya.
Elfie Yennie sendiri mengatakan bahwa untuk tempat ibadah yang banyak di tutup adalah di wilayah Kecamatan Muara Bulian. Sebab Kecamatan Muara Bulian ini sudah ditetapkan zona merah.

Baca juga: Pasukan Setan TNI Belum Beraksi, Bos KKB Papua Ini Turun Gunung Serahkan Diri: Hati Kami Menjerit

“Paling banyak tempat ibadah ditutup itu di Kecamatan Muara Bulian, diketahui Muara Bulian memang zona merah, untuk daerah lain kita masih update data,” pungkasnya. (caw)

Penulis: A Musawira
Editor: Hendri Dunan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved