Breaking News:

Kisah Militer RI

SEJARAH Menyebutkan AS Gentar dengan Denjaka, Elite Marinir TNI AL dengan Moto Satya Wira Dharma

Selain sebagai Komando Pelaksana Korps Marinir yang berkedudukan langsung di bawah Dankormar, Denjaka juga merupakan pelaksana utama Panglima TNI.

Denjaka TNI AL 

TRIBUNJAMBI.COM - Media sosial sempat digegerkan dengan informasi bahwa pasukan elite Angkatan Laut, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), tiba di Papua untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dalam narasinya, beberapa akun Facebook juga menyebut Denjaka sebagai pasukan dengan "kekuatan misterius yang bikin angkatan laut Amerika gemetaran".

Posting itu diunggah pada Sabtu (1/5/2021) pukul 17.24 WIB, dan disebarluasakan berulang-ulang kali oleh pengguna yang berbeda di platform berbeda-beda dengan narasi yang serupa.

"Pasukan elit angkatan laut DENJAKA sudah sampai di tanah Papua. Kekuatan 1 Denjaka = 12 orang. Mempunyai kekuatan misterius yang bikin angkatan laut Amerika gemetaran," tulis dari salah satu akun Twitter.

Setelah ditelusuri, informasi di atas adalah hoax alias palsu.

Denjaka
Denjaka 

Mengutip Kompas.com, Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) Kolonel Marinir Gugun Saeful Rachman pada Minggu (2/5/2021) turut membantah informasi tersebut.

"Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka TNI AL itu kan pasukan elite, itu latihan dan pergerakannya tidak dipublikasikan," ujar Gugun kepada Kompas.com, Minggu.

Gugun juga memastikan bahwa tibanya Denjaka di Papua untuk menumpas KKB adalah hoax.

Senada dengan Gugun, Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono juga secara langsung menegaskan kabar tersebut bohong.

Terlebih pergerakan Denjaka saat bertugas tidak akan disebarluaskan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved