Breaking News:

Berita Muarojambi

Muarojambi Zona Merah, Kegiatan Sholat Idul Fitri Fitri Dilaksanakan Sesuai Imbauan Menteri Agama

Terkait ditetapkan Kabupaten Muarojambi sebagai zona merah dari penularan Covid-19, pemerintah Kabupaten Muarojambi bersama forkopimda

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Nani Rachmaini
(tribun jambi.com/ Hasbi Sabirin)
Terkait ditetapkan Kabupaten Muarojambi sebagai zona merah dari penularan Covid-19, pemerintah Kabupaten Muarojambi bersama forkopimda laksanakan rapat koordinasi penanangan dan pencegahannya 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Terkait ditetapkan Kabupaten Muarojambi sebagai zona merah dari penularan Covid-19, pemerintah Kabupaten Muarojambi bersama forkopimda laksanakan rapat koordinasi penanangan dan pencegahannya.

Terutama persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dalam rapat koordinasi tersebut Bupati Muarojambi Masnah Busro menyampaikan, rapat koordinasi hari ini guna menyikapi kondisi Kabupaten Muarojambi beresiko penyebaran Covid-19.

Wilayah Muarojambi sudah ditetapkan zona merah, dari hasil rapat koordinasi kemarin, mereka sepakat menyikapi kegiatan ibadah sholat Idul Fitri untuk tidak dilaksanakan, ini sesuai himbaun Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid-19.

"Kita harus mengingatkan masyarakat bahwa pelaksanaan 3M itu memang penting,  untuk menghindarai penyebaran Covid-19, kita dapat berkaca pada kejadian penyebaran Covid-19 di negara india, satu hari ada 1000 kasus kematian, dan jangan sampai peristiwa ini sampai kenegara kita,"kata Bupati Masnah.

Sementara Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto juga menyampaikan, saat ini wilayah Muarojambi mengalami peningkatan status dari zona orange naik ke zona merah.

Saat ini pasien positif di wilayah kabupaten Muarojambi ada 229 orang saat ini rawat BKD 36, Rumah sakit umum 12, Bapelkes 26, MAN Cendikia dan isolasi mandiri dirumah.

"Saat ini zona orange tingkat Kecamatan adalah wilayah Jaluko, kemarin kita sudah mengadakan kegiatan yang mengundang para pengusaha pertokoan, pengelola tempat wisata dan tokoh agama tentang status zona merah di Muarojambi, atas rekomendasikan kepada bupati untuk tempat wisata agar ditutup guna pencegahan penularan Covid-19,"kata Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto.

Sementara untuk tempat ibadah melaksakan giat ibadah sebayak 50 persen dengan menyiapkan prokes yang ketat, untuk tempat perbelanjaan agar membatasi pengunjung dan menjaga jarak.

Mereka berharap semua pihak para camat dapat melakukan kegiatan himbaum kepada masyarakat diwilayah masing- masing, kita harus mematuhi Peraturan Pemerintah Pusat yaitu melalui Surat edaran Menteri Agama, untuk itu agar Kemenag untuk segera mengedarkan Surat tersebut ke Pemerintah Desa dan kita Pemerintah Daerah melakukan pengawasan.

"Tempat wisata seperti Candi Muara Jambi dan Jambi Paradise untuk sementara ditutup saat liburan Idulfitri sambil menunggu situasi kembali zona orange,"tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi Afifuddin juga menyampaikan, data terkonfirmasi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Muarojambi secara akumulatif pada tanggal 8 Mei 2021 berjumlah 1140 kasus, sementara kasus sembuh mencapai 901 orang, pasien yang sedang menjalani perawatan sebanyak 229 orang, angka kematian sebanyak 7 orang.

"Karena Covid-19 adalah penyakit infeksi menular yang tidak bisa dibatasi wilayah, dari 11 Kecamatan di Kabupaten Muarojambi hanya Kecamatan Bahar Selatan yang aman dari kasus Covid-19, sementara 10 Kecamatan lainnya sampai hari ini masih ada kasus baru yang dirawat,"ungkapnya.

Untuk sebaran jumlah kasus tertinggi di 11 Kecamatan di Kabupaten Muarojambi yaitu Kecamatan Jaluko sebanyak 117, Sekenan 28 dan Kumpeh Ulu 19 kasus.

(Tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca juga: Promo Giant Jelang Hari Raya Idul Fitri 2021 Hemat Mulai 40% Udang Daging Rendang Cake Sirup DLL

Baca juga: Sebelum Ditemukan Jasadnya Terbujur Kaku, Wanita ini Buat Status yang Ungkapkan Kondisinya

Baca juga: HEBOH Jokowi Promosikan Bipang Ambawang, Jubir Presiden Buka Suara, Fadjroel: Bukan Babi Panggang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved