Breaking News:

Berita Internasional

Jepang Buat China Makin Tersudut, Pertama Kalinya Ekspor Senjata SDF kepada Militer Filipina

Tindakan berbeda diambil Jepang dan menjadi hal yang pertama dalam mengekspor peralatan pasukan bela diri. 

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Via twitter
Ilustrasi Kapal Perang Jepang 

TRIBUNJAMBI.COM - Tindakan berbeda diambil Jepang dan menjadi hal yang pertama dalam mengekspor peralatan pasukan bela diri. 

Ya Jepang untuk pertama kalinya mengekspor peralatan Pasukan Bela Diri ke Filipina di tengah ketegangan di perairan Laut China Selatan yang disengketakan.

Jepang juga telah menyatakan "keprihatinan besar" terhadap "upaya sepihak" oleh China untuk "mengubah" status quo di Laut China Timur serta di Laut China Selatan.

Militer Jepang.
Militer Jepang. (Screenshot asiatimes.com)

Dilansir dari Kyodo News via Anadolu Agency, Kementerian Luar Negeri asal Jepang pada hari Rabu, (5/5/2021) mengatakan, keprihatinan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada pertemuan para menteri luar negeri Kelompok Tujuh (G7) yang sedang berlangsung di ibu kota Inggris, London.

Laut China Selatan yang menjadi kaya karena sumber dayanya menjadi penyebab kekhawatiran di antara negara-negara yang berbatasan dengan China, yang mengklaim sebagian besar yurisdiksi maritimnya di atasnya.

Motegi juga menambahkan, Jepang "prihatin" tentang penanganan hak asasi manusia Beijing sehubungan dengan minoritas Muslim Uyghur di provinsi Xinjiang barat laut, serta situasi di Hong Kong.

Kelompok G-7, yang meliputi Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan AS, serta UE, juga telah membahas situasi di Myanmar yang telah menyaksikan demonstrasi anti-kudeta yang meluas sejak awal Februari.

Baca juga: VIDEO Jelang Idul Fitri Susi Pudjiastuti Ajak Cucu Pulang Kampung Naik Pesawat Pribadi

Baca juga: Lowongan Kerja Angkasa Pura Kargo untuk Fresh Graduate dan Lulusan S1

Baca juga: Lowongan Kerja Terbaru BUMN PT Virama Karya Minimal Lulusan D3 dan Lulusan S1

Sementara itu, Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) telah mulai menyediakan peralatan penyelamat jiwa yang diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Filipina (PAF).

Ini merupakan yang pertama bagi Jepang menawarkan peralatan SDF kepada angkatan bersenjata asing di bawah bantuan pembangunan resminya.

Langkah itu dilakukan di tengah ketegangan hubungan antara Filipina dan China di Laut China Selatan dan semakin terus memanas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved