Breaking News:

TRIBUN TRAVEL

Rekomendasi 4 Masakan Khas Jambi Buat Hidangan Lebaran Hari Raya Idul Fitri Yang Istimewa

Ada beberapa masakan khas Jambi mulai dari Tempoyak, hingga Daging Masak Itam bisa menjadi hidangan istimewa di Hari Raya Idul Fitri.

Istimewa
Daging masak hitam bude ntin kota jambi 

TRIBUNJAMBITRAVEL.COM, JAMBI - Masakan khas Jambi ini bisa menjadi rekomendasi isi meja makan saat Hari Raya Idul Fitri.

Ada beberapa masakan khas Jambi mulai dari Tempoyak, hingga Daging Masak Itam bisa menjadi hidangan istimewa di Hari Raya Idul Fitri.

Berikut Tribunjambitravel.com rangkum 4 masakan khas Jambi buat hidangan lebaran Hari Raya Idul Fitri yang istimewa.

1. Tempoyak, Makanan Khas Jambi yang Unik

Tempoyak khas Jambi berasal dari  buah durian diolah menjadi lauk yang bisa disantap bersama nasi putih.

Ya, Tempoyak adalah hidangan khas kota jambi yang terbuat dari buah durian hasil fermentasi, biasanya dicampur dengan ikan segar dari Sungai Batanghari. Akan tetapi, tempoyak juga bisa dihidangkan tanpa ikan. Rasa tempoyak memang sedikit asam dan aroma durianya lumayan pekat sehingga terkadang orang kalau makan menutup hidungnya.

2. Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi.

Makanan ini hanya bisa didapatkan saat momen-momen sakral saja seperti halnya saat pernikahan, kenduri dan acara adat dan hari raya lainnya.

Gulai Tepek Ikan ini bahan utamanya adalah ikan gabus yang kaya akan protein dan gizinya. Sekilas tampilan Gulai Tepek Ikan ini hampir sama dengan gulai ikan lainya, tapi tetap saja makanan ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda. Sobat makin penasaran?, langsung aja ya main ke Kota Jambi, pasti bisa merasakan makanan yang sakral ini.

3. Sup Tulang yang Gurih

Sup tulang ini memiliki rasa yang hampir sama dengan sup iga. Hanya saja sup tulang milik Jambi ini memiliki rasa tersendiri yang gurih dan unik.

Aroma kaldu sapi yang menggoda akan langsung tercium ketika sup tulang ini sudah tersajikan. Apalagi saat musim hujan, sup tulang menjadi menu makanan yang selalu diburu oleh banyak orang.

4. Daging Masak Hitam

Daging masak itam merupakan olahan daging sebagai lauk memakan nasi. Tampilanya mirip dengan semur betawi yang mempunyai kuah hitam pekat dan rasa yang manis serta gurih menjadikan kelezatanya tak bisa dibayangkan.
Resapan bumbu dan kecap manis yang pas hingga masuk kedalam daging membuat semakin lengkapnya kelezatan masakan khas Jambi ini.

Baca juga: Cara Menanam Sirih Gading dengan Media Air, Rajin Memangkas Akar Bercabang agar Daun Lebih Lebat

Baca juga: 140 Ton Stok Beras Bulog Kota Jambi Dinyatakan Aman Untuk Enam Bulan ke Depan

Baca juga: Awalnya Curhat, Gadis Cantik Ini Malah Rela Jual Keperawanannya Rp 10 Juta, Kini Jadi Budak Mucikari

Baca juga: Trailer Preman Pensiun 5 Besok Jumat 7 Mei 2021, Kang Mus Turun Tangan Lagi

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved