Breaking News:

Berita Merangin

Pemkab Merangin akan Terbitkan Perbup Terkait Sanksi Bagi Pelanggar Prokes

Perbup tersebut dikatakan Bupati Merangin, Al Haris lantaran banyak masyarakat khususnya tempat penjual makan yang abai dalam melaksanakan protokol ke

tribunjambi/darwin sijabat
Bupati Merangin Al Haris 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Pemerintah Kabupaten Merangin tengah membahas rencana penerbitan Peraturan Bupati (Perbup) penerapan sanksi atau denda bagi rumah makan, cafe dan tempat pembelanjaan yang tidak menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Perbup tersebut dikatakan Bupati Merangin, Al Haris lantaran banyak masyarakat khususnya tempat penjual makan yang abai dalam melaksanakan protokol kesehatan. Sementara saat ini pandemi covid-19 di Kabupaten Merangin masih mewabah, sehingga diperlukan tindakan tegas.

"Bagi teman-teman yang menjual makanan yang tidak menerapkan Prokes, terpaksa kedepan kita denda. Setahun lalu kita mengimbau dan mengimbau, sosialisasi, sekarang waktunya kita mengambil tindakan tegas kepada masyarakat yang lalai protokol kesehatan," ungkap Al Haris.

Denda tersebut kata Bupati, akan ada kelas-kelasnya, dimulai dengan acara yang menimbulkan kerumunan, tempat makan atau kafe yang buka melewati jam malam dan bentuk pelanggaran lainnya maka akan diatur bentuk sanksi atau besaran dendanya.

"Intinya adalah, Satgas Covid-19 Merangin sudah mulai tegas, sudah mulai berbicara penindakan," ujar Bupati.

Hal itu menurutnya sangat perlu dilakukan, karena Covid-19 sudah berlangsung lama, pemerintah sudah sering memberikan imbauan. Namun masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan Prokes seperti tidak memakai masker saat keluar rumah.

"Penindakan yang kita lakukan nanti tentu secara humanis, tapi tetap harus ada sanksi yang akan kita berikan," tegasnya.

Seperti saat ini, warga banyak berburu baju lebaran dan kebutuhan lainnya sehingga menimbulkan kerumunan ditempat perbelanjaan.

Maka secepatnya pemkab Merangin akan merampungkan Perbup tersebut dan segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait sanksi atau denda bagi pelanggar Prokes di Merangin.

Baca juga: Maju Mundur Berantas Illegal Drilling di Batanghari

Baca juga: Cara Membayar Zakat Fitrah Secara Online dan Bacaan Niat Zakat Fitrah

Baca juga: Tiga Hari Sejak Perawat Cantik Ini Dibakar, Suami Ternyata Menghilang Tak Bisa Dihubungi, Kemana?

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved