Breaking News:

Warga di Kota Jambi akan Boleh Salat Idul Fitrim Kecuali RT Zona Merah

Tertanggal 05/05/2021 pun zona hijau lebih mendominasi RT-RT di Kota Jambi, dari pada status zona lainnya. Kemudian disusul zona kuning, baru lah zona

Tribun Jambi/Samsul Bahri
Salat Idul Fitri di Balai Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Beberapa informasi di berbagai media tersebar larangan shalat Idul Fitri untuk daerah yang ditetapkan sebagai zona merah. Namun Kota Jambi akan tetap melaksanakan shalat Idul Fitri, selain RT-RT yang berstatus zona merah.

Muhammad Jaelani, Ketua Tim Relaksasi Satgas Covid-19 Kota Jambi menyebutkan pelarangan shalat Idul Fitri di Kota Jambi akan dilakukan hanya bagi RT yang berstatus zona merah. Hak tersebut juga mengingat lantaran Kota Jambi masih menerapkan PPKM berskala mikro.

"Warga yang RT nya zona merah wajib di rumah saja shalat beserta keluarga besar, dan masjid-masjid ditutup," kata dia, Rabu (05/05/2021) melalui telepon.

"Shalat (Idul Fitri) ini kan sunah. Shalat yang wajib (dalam keadaan darurat) bisa dibatalkan atau dicancel atau ada dispensasi apalagi sunah," kata dia.

Karena saat ini Kota Jambi sudah berbasis PPKM mikro, ia berujar artinya semua masjid yang ada di zona merah akan ditutup.

"Cuma di RT yang tidak zona merah ya tetap melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan saja," jelasnya.

Sejauh ini, kalau untuk keseluruhan wilayah dalam Kota Jambi belum ada kebijakan untuk pelarangan pelaksanaan shalat Idul Fitri.

"Tetap boleh shalat Idul Fitri dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Minimal menggunakan masker dengan baik, dan benar," jelas dia.

Pelaksanaan shalat Idul Fitri akan tetap dilakukan mengacu pada SE keputusan bersama. Yaitu SE mengenai relaksasi ibadah di bulan Ramadan, shalat Idul Fitri, dan serba-serbinya.

"Kecuali nanti menjelang-menjelang hari H ada kondisi yang luar biasa, bisa saja nanti kita ubah itu (SE) nya kan, sekarang belum ada perubahan," ucapnya.

Kata dia, Kota Jambi tercatat hanya ada satu RT yang menjadi daerah berstatus zona merah, dan satu RT yang berstatus zona oren.

Tertanggal 05/05/2021 pun zona hijau lebih mendominasi RT-RT di Kota Jambi, dari pada status zona lainnya. Kemudian disusul zona kuning, baru lah zona oren dan zona merah seimbang.

"Karena kita (Kota Jambi) masuk PPKM ini kan terbawa dengan Kerinci, dan Sungai Penuh," jelas dia.

Ia mengimbau pada seluruh masyarakat, terutama yang berada di zona merah. Kata dia terapkan protokol kesehatan paling tidak atau dengan kata lain minimal menggunakan masker dengan baik dan benar, lalu penerapan prokes lainnya.

"Karena agak susah kita mengatakan menjaga jarak dengan banyaknya pengalaman kita," bebernya.

Baca juga: VIDEO MOBIL TANGKI TABRAK MOBIL MEMBAWA RIBUAN AYAM POTONG

Baca juga: Heboh Seorang Wanita di Sungai Penuh Meninggal di Lantai Dua Kincai Plaza

Baca juga: Nabila Javanica Tampak Intim dengan Kaesang & Fotonya Beredar, Sosok Pengganti Nadya Arifta?

Penulis: Rara Khushshoh Azzahro
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved