Breaking News:

Berita Bisnis

TPID Provinsi Jambi Gelar High Level Meeting (HLM) Semester I Tahun 2021

TPID akan mengoptimalkan produksi oleh produsen lokal seperti daging ayam, ikan budidaya, holtikultura.

Vira Ramadhani
TPID Provinsi Jambi Gelar High Level Meeting (HLM) Semester I Tahun 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selasa, (4/5/2021) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar High Level Meeting (HLM) Semester I Tahun 2021. Dengan mengusung tema “Menjaga Inflasi dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Masa Covid-19”, di ruang pola Kantor Gubernur Provinsi Jambi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, Sekda Provinsi Jambi, Sudirman, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution, Kanwil DJPB Provinsi Jambi, dan Kepala Daerah se-Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi pada April 2021 mengalami deflasi 0,34% (mtm), nasional inflasi 0,13% (mtm). Pencapaian inflasi tersebut memberikan peluang pencapaian inflasi yang lebih terjaga di tahun 2021, Secara kumulatif (Januari s.d April) atau tahun kalender, inflasi Provinsi Jambi tercatat 0,18% (ytd), lebih rendah dibandingkan dengan nasional 0,58% (ytd).

Sementara itu, Perkembangan Inflasi Provinsi Jambi pada April 2021 relatif tinggi dibandingkan tren historis. Inflasi Provinsi Jambi pada April 2021 tercatat 2,94% (yoy), dan nasional 1,42% (yoy), lebih tinggi dibandingkan rata-rata 3 tahun terakhir pada periode yang sama yang tercatat sebesar 2,50% (yoy).

Pj. Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni menyampaikan, bahwa kegiatan HLM TPID ini menjadi usaha yang sangat strategis untuk menjaga stabilitas harga di Provinsi Jambi.

“Apalagi dalam beberapa waktu ke depan akan memasuki hari besar keagamaan. Sehingga perlu dilakukan tindakan kongkrit seperti melakukan tindakan operasi pasar untuk menekan kestabilan harga,” ujarnya.

Dari beberapa kunjungan pasar yang telah dilakukan, diketahui harga kebutuhan pokok di Provinsi Jambi masih dalam taraf yang wajar. Namun demikian, pasokan daging segar terutama daging sapi perlu menjadi perhatian karena masih mengandalkan dari daerah lain yaitu Lampung.

“Harga sampai jelang Idul Fitri yaitu Rp 130 ribu– Rp 150 ribu dan itu masih dalam taraf yang wajar,” ucapnya.

Pj Gubernur memberikan cacatan yang strategis, yaitu meminta agar kepala daerah dapat memimpin langsung apabila ada kegiatan HLM TPID. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan komitmen khusus dalam hal pengendalian inflasi di Provnisi Jambi.

“Apalagi kegiatan HLM TPID ini ada penilaiannya ditingkat pusat, hanya saja Provinsi Jambi belum pernah mendapatkan award,” katanya.

Halaman
123
Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved