Breaking News:

Berita Bungo

Sebanyak 48 Nasabah Bank Syariah di Bungo Diperiksa Penyidik

Nilai kerugian negara falam perkara ini ditaksir mencapai 14 miliar rupiah. dalam pelaksanaan pemberian kredit

Tribunjambi/Hendro Sandi
Lexy Fatharany, Kasi Penkum Kejati 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pasca ditingkatkannya status ketingkat penyidikan dalam perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian fasilitas kredit multiguna pada Kantor BRI Syariah Cabang Muara Bungo, penyidik telah melakukan peneriksaan terhadap 48 orang saksi. 

Para saksi yang diperiksa untuk diambil keterangannya adalah Nasabah BRIS Muaro Bungo yang namanya masuk dalam penerima fasilitas kredit. 

Lexy Fatharani, Kasi Penkum Kejati Jambi mengatakan, dalam waktu dekat akan memanggil pihak BRI Syariah Cabang Muara Bungo untuk dimintai keterangan. Termasuk pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Bungo

"Terkait kredit Multiguna BRI Syariah sudah dilakukan pemeriksaan saksi 48 orang nasabah. Selanjutnya kita akan memanggil pihak BRI Syariah Muara Bungo dan OJK," kata Lexy. 

Sepertu diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jambi pada Selasa 26 April 2021 lalu meningkatkan status perkara tersebut dari penyelidikan ke tingkat penyidikan.  

Pemberian kredit multiguna ini terjadi sejak tahun 2017 sampai 2019. Yakni dengan pinjaman bagi pegawai berupa agunan dokumen SK pegawai. 

Namun dalam pelaksanaannya, kredit yang diberikan kepada 48 nasabah tanpa melalui prosedur yang benar dan tanpa prinsip kehati-hatian sehingga menimbulkan kerugian negara. 

Nilai kerugian negara falam perkara ini ditaksir mencapai 14 miliar rupiah. dalam pelaksanaan pemberian kredit harusnya diberikan kepada ASN sesuai peruntukan program pemberian kredit. 

Namun, dalam pelaksanaannya tidak demikian. Banyak nasabah tanpa data yang akurat dapat mengakses program tersebut. (Dedy Nurdin)
 

--

Baca juga: Pemkab Muarojambi Siapkan Ratusan Ton Daging Sapi dan Kerbau Menjelang Lebaran

Baca juga: Rusdi Kena Tilang Karena Nekat Pakai Plat Mobil Keluaran Negara Kekaisaran Sunda

Baca juga: Promo BreadTalk 5 Mei 2021 Ramadan Treats Dapatkan Aneka Slice Lapis Mulai Dari Rp 12.000

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved