Breaking News:

Berita Nasional

Indonesia Dituding Bergantung Sama China Gegara Vaksin, Ternyata Negara Kita Sudah Siapkan Strategi

Virus Corona yang menyebar di di negara-negara besar dunia buat China menjadi negara sentral yang aktif memberikan bantuan vaksin.

TRIBUNNEWS/SETPRES/AGUS SUPARTO
(Ilustrasi Kapal Perang Indonesia) Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan kapal perang KRI Usman Harun di Puslabuh TNI AL di Selat Lampa, Natuna, Rabu (8/1/2020). Selain itu Jokowi juga mengadakan silaturahmi dengan para nelayan di Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa Natuna. 

TRIBUNJAMBI.COM - Virus Corona yang menyebar di di negara-negara besar dunia buat China menjadi negara sentral yang aktif memberikan bantuan vaksin.

China pun mulai menawarkan bantuan vaksin itu ke negara-negara Asia Tenggara sejak Oktober 2020.

Bantuan yang diberikan China itu di kawasan Asia Tenggara memang tak bisa dipandang sebelah mata.

Termasuk Indonesia yang menjadi satu diantara negara Asia Tenggara yang menerima bantuan vaksin dari China.

Vaksinasi Covid-19 Sinovac yang berasal dari China kepada Jokowi akan disiarkan langsung pada pukul 10.00 WIB dari Istana Negara melalui channel Youtube Sekretariat Presiden.
Vaksinasi Covid-19 Sinovac yang berasal dari China kepada Jokowi akan disiarkan langsung pada pukul 10.00 WIB dari Istana Negara melalui channel Youtube Sekretariat Presiden. (SILVIO AVILA / AFP)

Desember 2020 lalu, 1,2 juta dosis vaksin Sinovac pun tiba di Jakarta.

Pada bulan Januari, Presiden Jokowi juga menjadi orang Indonesia pertama dan pemimpin non-China pertama yang menerima dosis vaksin Sinovac Biotech.

Hanya saja, di tengah sengketa Laut China Selatan yang turut menyeret sejumlah negara, bantuan dari China pun dianggap bisa berpengaruh.

Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa pakar menyebut kerja sama vaksin China dengan Indonesia juga dapat membahayakan posisi Indonesia dalam sengketa wilayah Laut China Selatan.

Pada kenyataannya, Indonesia juga telah mengambil langkah-langkah untuk mendiversifikasi pasokan vaksinnya, sebagaiman dilansir Sosok.ID dari SCMP, (4/5).

Indonesia juga telah menegaskan kembali komitmennya atas pendekatan yang damai dan sah untuk menangani masalah Laut Cina Selatan.

Halaman
12
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved