Breaking News:

Berita Internasional

CHINA Bereaksi Tanya Sopan Santun Filipina Usai Menlu Kabinet Rodrigo Duterte Kirim Sumpah Serapah

Konflik antara Filipina dan Tiongkok disebut makin memanas di Laut China Selatan usai komentar pedas Menteri Luar Negeri Filipina.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
SCMP / XINHUA
Presiden China Xi Jinping saat melakukan inspeksi pasukan sebelum digelarnya parade perayaan 70 tahun Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, di Qingdao, Provinsi Shandong, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJAMBI.COM - Konflik antara Filipina dan Tiongkok disebut makin memanas di Laut China Selatan usai komentar pedas Menteri Luar Negeri Filipina.

Ya, Menteri Luar Negeri (Menlu Filipina) Teodoro Locsin mengeluarkan sumpah serapah untuk mengusir China dari kedaulatan wilayah mereka.

Seperti diwartakan sebelumnya, sumpah serapan itu sudah dikirim Menlu Filipina ke China lewat cuitan di akun Twitter-nya @teddyboylocsin, Senin (3/5/2021).

"China temanku, seberapa sopan saya bisa mengatakannya? Coba kulihat... O... Enyahlah," tulisnya.

Pangkalan militer di Laut China Selatan.
Pangkalan militer di Laut China Selatan. (24h.com.vn)

Dalam cuitannya, Locsin juga dikenal sering menggunakan bahasa kasar di Twitter bahkan mengibaratkan China seperti orang bodoh yang memaksakan perhatian pada pria tampan untuk menjadi temannya.

Sayangnya, cuitan itu sudah menghilang dari akun Twitter Locsin.

Mendapat sumpah serapah dari Menlu Filipina, Pemerintah China pun akhirnya bereaksi.

Dilansir dari Reuters via Kontan.co.id, dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri China langsung mendesak Filipina untuk menghormati kedalatan dan yurisdiksi negara.

Pihaknya pun juga meminta Filipina untuk berhenti mengambil tindakan yang memperumit situasi.

"Fakta telah berulang kali membuktikan bahwa diplomasi mikrofon tidak dapat mengubah fakta, tetapi hanya dapat merusak rasa saling percaya," katanya seperti yang dikutip dari Reuters via Kontan.co.id.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved