Breaking News:

Berita Sungaipenuh

Biaya Berperkara di PA Sungai Penuh Gratis Jika Bawa SKTM

Disampaikannya, bahwa untuk 2021 kuota berperkara gratis sebanyak 35 perkara. Dan dari jumlah tersebut...

http://lampost.co/
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Pemohon perkara yang tak mampu membayar atau masuk kategori keluarga miskin, tak dipungut biaya di Pengadilan Agama (PA) Sungai Penuh. Asal membawa surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari pemerintahan desa setempat. 

Wakil Ketua PA Sungai Penuh, Zulfahmi Mulyo Santoso, didampingi Panmud Permohonan, Noprizal dikonfirmasi menyebutkan, dalam proses penanganan perkara dipengadilan agama ada istilah prodeo. Yaitu proses berperkara di pengadilan agama secara cuma-cuma atau gratis. 

"Orang yang dapat berperkara secara gratis ini adalah warga yang tidak mampu atau miskin secara ekonomi," katanya, Selasa (4/5/2021).

Katanya, masyarakat tidak mampu tersebut dapat mengajukan gugatan berperkara secara cuma-cuma dengan syarat melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Juga bisa mela. Pirksn surat keterangan tunjangan sosial lainnya, seperti Kartu Keluarga meskin (KKM)  jamkesmas, PKH atau BLT. 

"Pemohon mengunakan permohonan berperkara secara tertulis atau lisan," jelasnya. 

Disampaikannya, bahwa untuk 2021 kouta berperkara gratis sebanyak 35 perkara. Dan dari jumlah tersebut sudah dimanfaatkan sebanyak 16 perkara

"Untuk berperkara secara gratis masih ada sisa 19 perkara lagi. Silakan kalau ada masyarakat yang mau ngajukan perkara karena tak ada biaya bisa langsung PTSP. Jangan pecayo calo, atau oknum yang menjanjikan sesuatu. Semua terbuka di PA Sungai Penuh," pungkasnya.(*)

Baca juga: Yamaha NMAX Kembali Jadi Scooter Paddock Resmi di Kejuaraan Dunia MotoGP

Baca juga: Dokter di Delhi Putuskan Bunuh Diri Usai Covid-19 di India Makin Parah: Ini Pembunuhan Oleh Sistem

Baca juga: Kasus Narkotika dengan Terdakwa Oknum Polisi di Jambi, Ditunda, Penasihat Hukum Kecewa

Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved