Breaking News:

Berita Merangin

RPJMN Bikin RPJMD Merangin Berubah? Al Haris Sebut Pertanian Merangin Baik

Lemah di sektor pariwisata akibat pandemi covid-19 dan kuat bidang pertanian membuat pemerintah Kabupaten Merangin lakukan Musrenbang

tribunjambi/darwin sijabat
RPJMN Buat RPJMD Merangin Berubah? Al Haris Sebut Pertanian Merangin Baik 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Lemah di sektor pariwisata akibat pandemi covid-19 dan kuat bidang pertanian membuat pemerintah Kabupaten Merangin lakukan Musrenbang Rencana Perubahan RPJMD tahun 2018 -2023.

Pada kesempatan itu, Bupati Merangin, Al Haris menyebutkan Kabupaten Merangin masih mampu melakukan pertumbuhan ekonomi secara baik. 

Pertumbuhan ekonomi positif sebesar 0,76 persen dimasa pandemic Covid-19 itu berada di bidang pertanian.

Bertempat di Aula kantor Bappeda Merangin, Al Haris seusai rapat tersebut mengatakan bahwa Daerah harus menyesuaikan dengan rencana pembanguan jangka menengah Nasional (RPJMN).

Selain itu yang menjadi berubahnya arah kebijakan pembangunan daerah itu lantaran pemerintah sedang fokus penanganan pandemi covid-19. 

"Pembangunannya tidak berhenti tapi arah kebijakannya agak berbeda, tentu penanganan bidang kesehatan lebih fokus, termasuk juga infrastruktur yang mampu memulihkan ekonomi," ungkap Al Haris, Selasa (4/5/2021).

Sementara bidang Pariwisata, Al Haris mengungkapkan tetap berjalan. Namun keadaan saat ini membuat sektor pariwisata kurang mampu mendongkrak perekonomian akibat pandemi covid-19.

Sehingga membuat rencana sebelumnya direncanakan mengadakan event nasional di bidang kepariwisataan tidak dilaksanakan. Sebab dapat menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan virus corona.  

Sehingga saat ini pemerintah hanya melakukan perawatan infrastrukturnya dan fokus bidang pertanian.

'Dengan komoditi pertanian yang dimiliki Merangin dapat mengatasi pasar. Maka fokus yang sebelumnya irama pertanian dan pariwisata sejalan, maka saat ini kita cepatkan di pertanian. Karena Pariwisata mengalami gangguan akibat Covid-19," ujarnya. 

Itu artinya capaian target di bidang Pariwisata mengalami perubahan dan hal itu menurut Al Haris tidak hanya terjadi di Merangin saja melainkan secara nasional. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Baca juga: Prabowo, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Survei Capres Litbang Kompas Peringkat Sandiaga & AHY?

Baca juga: VIDEO Viral KKB Ancam Musnahkan Orang Jawa dan Militer di Papua, TNI Polri Langsung Bereaksi

Baca juga: Politisi PAN dan PBB Terkapar Dihajar Ketua PDIP Takalar Andi Ellang Pakai Ruyung, Ribut Sidang DPRD

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved