Breaking News:

Berita Kota Jambi

Satgas Covid-19 Imbau Penyitas Covid-19 di Provinsi Jambi Jadi Pendonor Plasma Convalesen

Menindaklanjuti keberhasilan RSUD Raden Mattaher Jambi yang kini bisa melakukan pengobatan pasien covid-19 dengan metode transfusi plasma convalesen

Zulkifli azis
Johansyah 

 
TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menindaklanjuti keberhasilan RSUD Raden Mattaher Jambi yang kini bisa melakukan pengobatan pasien covid-19 dengan metode transfusi plasma convalesen, Satgas Covid-19 mengimbau kepada penyitas covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasmanya.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah, Senin (3/4/2021). Kata Johan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk membuat surat edaran kepada pasien-pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dan berkenan untuk mendonorkan plasma darahnya. 

"Kami berterimakasih betul sehingga penanganan covid ini di Provinsi Jambi terhadap pasien yang terkonformasi cepat sembuh," sebutnya.

Dikatakan Johan, jumlah pasien sembuh di Provinsi Jambi sudah cukup banyak yakni sebanyak 6200 orang lebih. "Nanti kita akan memilih dan menyurati penyitas ini untuk berkenan mendonorkan plasma convelsennya kepada pasien positif," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Jambi kini sudah bisa melakukan pengobatan pasien covi-19 dengan metode transfusi plasma convalasen.

Setidaknya sudah ada dua pasien di rumah sakit milik Pemprov Jambi tersebut yang telah menerima donor plasma dari penyitas covid-19 dan satu pasien lagi saat ini menunggu pendonor yang bersedia mendonorkan plasmanya. 

Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi, dr. Fery Kusnadi mengatakan donor plasma darah dapat dilakukan bagi mantan pasien covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh sampai dengan 4 bulan.

Dijelaskan nya, donor Plasma Konvalesem adalah donor darah yang telah dipisahkan plasma dari darah orang yang sudah sembuh dari covid-19.

“Dengan harapan plasma darah tersebut yang berisi antibodi dari pendonor dapat membantu kesembuhan pasien covid-19 yang di tambahkan darah”, ujarnya kepada Tribunjambi.com, Minggu (2/5/2021).

Direktur RSUD Raden Mattaher menerangkan, donor plasma dapat dilakukan di unit tranfusi darah (UTD) RSUD Raden Mattaher Jambi.

“Bagi penyintas Covid-19 bisa datang langsung ke UTD, dengan kita bergotongroyong membantu sesama, karena manfaat nya dapat sebagai obat antibodi bagi pasien pasien covid-19”, jelasnya.

Baca juga: Polisi Telusuri Pembacok Dua Mahasiswa di Pasir Putih, Kapolsek: Secepatnya Kita Ungkap

Baca juga: AS Bisa Panik Gegara China Unjuk Kapal Selam Nuklir dengan Rudal JL-3 yang Bisa Hancurkan Amerika

Baca juga: Korban Pembacokan di Pasir Putih Ternyata Mahasiswa UNJA dan Siswa Kelas 1 SMA, Dikeroyok 5 Orang

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved