Breaking News:

Berita Kerinci

Kades Koto Dua Baru Kabupaten Kerinci Terancam Penjara 10 Tahun Lebih

Radius dinyatakan terbukti telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi dalam penggunaan APBDes..

Dedy nurdin
Ilustrasi. Kades Dan Sekdes Kembang Tanjung Didakwa Kasus Korupsi Dana Desa 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Desa Koto Dua Baru, Kecamatan Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci dituntut tujuh tahun pidana penjara. Tuntutan dibacakan Jaksa Penuntut Umum pada Senin (3/5/2021). 

Selain pidana kurungan badan, terdakwa Radius juga dituntut membayar denda senilai 200 juta rupiah subaider enam bulan pidana kurungan. 

Menurut Jaksa Penuntut Umum Kejari Kota Sungai Penuh, terdakwa Radius Prawira selaku kepala desa telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 ayat (1), (2) dan ayat (3) UU no 31 tahun 1999, entang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001.

Radius Prawira juga dituntut pidana tamabahan berupa uang pengganti kerugian negara. Nilainya sebesar Rp 758 juta rupiah. 

"Apabila tidak dibayarkan dalam tempo satu bulan setelah putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jambi berkekuatan hukum tetap. Maka diganti dengan pidana penjara 3 tahun dan 6 bulan," ucap JPU Kejari Sungai Penuh.

Dalam pertimbangan JPU Kejari Sungai Penuh, yang memberatkan adalah terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. 

Akibat perbuatan terdakwa telah menimbulkan kerugian negara seniali 758 juta rupiah. Terdakwa juga belum mengembalikan kerugian negara serta menghambat program pembangunan pemerintah. 

Radius dinyatakan terbukti telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi dalam penggunaan APBDes Tahun anggaran 2018. Dalam persidangan selanjutnya, terdakwa akan menjalani sidang pembelaan melalui sidang yang digelar melalui sambungan virtual. (Dedy Nurdin)

Baca juga: Kelulusan Siswa SMA Diumumkan Hari Ini, Disdik Provinsi Masih Tunggu Data

Baca juga: Pasar Atas Ramai Pengunjung, Polisi Pakai Toa Keliling Pasar Ingatkan Warga Waspada dan Taat Prokes

Baca juga: Es Kelapa Muda Durian Segar di Singkut Jadi Rekomendasi Minuman Manis Berbuka Puasa

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved