Breaking News:

Berita Bisnis

April 2021 Kota Jambi dan Muara Bungo Alami Deflasi, Andil Terbesar pada Komoditas Cabai Merah

Senin, (3/5/2021) Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi telah merilis data, Pada April 2021, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,35 persen

tribunjambi/vira ramadhani
Hari Kedua Puasa Ramadhan Harga Cabai Merah dan Cabai Rawit Merah di Jambi Melonjak naik 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Senin, (3/5/2021) Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi telah merilis data, Pada April 2021, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,35 persen dan Kota Muara Bungo juga alami deflasi sebesar 0,26 persen. Yang memberi andil besar terjadinya deflasi yaitu komoditas cabai merah dan cabai rawit.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Deflasi di Kota Jambi terjadi pada 4 (empat) kelompok pengeluaran. Sedangkan deflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 2 (dua) kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya penurunan indeks.

“Deflasi Kota Jambi dan Muara Bungo terjadi karena adanya penurunan indeks harga pengeluaran. Dan terbesar pada kelompok makanan, Minuman dan Tembakau,” ujarnya, Senin (3/5/2021).

Adapun 4 (empat) kelompok pengeluaran di Kota Jambi yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,84 persen. Kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,41 persen. Kelompok Transportasi sebesar 0,60 persen, serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,04 persen

Sedangkan, 5 (lima) kelompok pengeluaran di Muara Bungo yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 1,69 persen, kelompok Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,05 persen. Kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,07 persen. Kelompok Kesehatan sebesar 0,01 persen, serta kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,01 persen.

“Komoditas yang memberi andil terbesar deflasi pada Kota Jambi dan Muaro Bungo yaitu cabai merah dan cabai rawit,” ungkapnya.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Jambi Bulan April 2021 antara lain cabai merah, cabai rawit, angkutan udara, beras, sabun cair/cuci piring, tahu mentah, ikan nila, kol putih/kubis, bawang merah, dan tempe.

Sementara itu komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Muara Bungo adalah cabai merah, cabai rawit, telur ayam ras, bawang merah, ikan serai, batu bata, telepon seluler, tauge, tomat, ikan cakalang/ikan sisik.

Sementara itu, Laju inflasi tahun kalender1 dan “year on year”2 Kota Jambi pada bulan ini masing-masing sebesar 0,19 persen dan 3,03 persen. Sedangkan laju inflasi tahun kalender dan “year on year” Kota Muara Bungo b

Dikatakan Wahyudin Dari 24 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, 17 kota mengalami inflasi, sedangkan 7 kota deflasi.

“Inflasi tertinggi se- Sumatera terjadi di Kota Padang Sidimpuan s ebes ar 0,61 persen dan terendah di Kota Medan sebesar 0,04 persen,” sebutnya.

“Sementara itu deflasi tertinggi terjadi di Kota Tanjung Pinang sebesar 0,36 persen dan terendah di Kota Tanjung Pandan sebesar 0,02 persen,” tambahnya.

Lalu, Dari 90 Kota yang menghitung IHK di Indonesia, sebanyak 72 kota mengalami inflasi, dan 18 kota deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Mobagu s ebes ar 1,31 pers en dan deflasi tertinggi terjadi di Kota Jayapura sebesar 1,26 persen,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani)

Baca juga: AS Bisa Panik Gegara China Unjuk Kapal Selam Nuklir dengan Rudal JL-3 yang Bisa Hancurkan Amerika

Baca juga: Adegan Epik dalam Drakor Vincenzo, Pertarungan di Plaza Geumga hingga Sengatan Lebah untuk Hakim

Baca juga: Tinjau Posko Perbatasan, Pj Gubernur Jambi Tegas akan Putar Balik Kendaraan Pemudik yang Melanggar

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved