Breaking News:

Berita Tanjabbar

Unik, Inilah Tiga Nama Tempat di Tungkal Merupakan Nama Gelar Tokoh Pemimpin di Tanjabbar

Pernah kah kalian ke Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi? Bagi kalian yang pernah tentu tujuan utama untuk berwisata

TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI
WFC di Kuala Tungkal 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL- Pernah kah kalian ke Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi? Bagi kalian yang pernah tentu tujuan utama untuk berwisata adalah mengunjungi Jembatan Panjang yang berada pada pinggir laut. Jembatan tersebut menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar daerah untuk sekedar berkeliling atau berswafoto. 

Pemandangan Jembatan dengan latar belakang laut dengan sesekali pemandangan perahu nelayan yang mondar mandi atau kapal dengan angkutan barang atau orang menjadi daya tarik tersendiri. Water Front City Kuala Tungkal atau dikenal WFC Kuala Tungkal adalah nama Jembatan tersebut. 

Tulisan itu pun juga kerap kali menjadi background foto bagi pengunjung yang datang. Berfoto dengan background tersebut memberikan tanda bahwa pengunjung tengah berada di tempat wisata Jembatan WFC Kuala Tungkal

Namun itu dulu, kini nama Jembatan tersebut buka lagi menjadi WFC, nama jembatan tersebut telah di ubah dengan nama "Titian Orang Kayo Mustiko Rajo Alam". Nama WFC dan tulisan Water Front City Kuala Tungkal yang sempat melekat pada setiap pengunjung yang datang ke Jembatan yang berwarna warni dengan bentuk menyerupai Jembatan Ampera tersebut kini berubah nama. 

Bukan tanpa alasan, berubahnya nama Jembatan tersebut karena berdasarkan saran dan anjuran dari kantor bahasa Provinsi Jambi. Bahwa untuk penamaan tempat untuk publik harus menggunakan bahasa Indonesia. 

Lalu apakah yang dimaksud dengan Titian Orang Kayo Mustiko Rajo Alam? Kenapa nama tersebut disematkan sebagai pengganti nama Water Front City? 

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Martunis menyebutkan bahwa Orang Kayo Mustiko Rajo Alam merupakan suatu gelar. Sementara makna dari Titian adalah sebagai tempat naik atau turun atau bermakna tumpuan. 

Adapun gelar Orang Kayo Mustiko Rajo Alam merupakan gelar penghargaan Pemerintah pada Drs H Usman Ermulan,MM mantan Bupati Tanjung Jabung Barat. Untuk di ketahui bahwa Jembatan Water Front City di bangun pada masa kepemimpinan dirinya pada waktu itu. 

"Sebagai saran dan anjuran dari Kantor Bahasa bahwa tempat publik harus menggunakan bahasa Indonesia. Kemudian juga sebagai penghargaan kepada Pak Usman Ermulan maka WFC di ganti nama menjadi Titian Orang Kayo Mustika Rajo," sebut Martunis

Meskipun berganti nama, suasana dan kecantikan sunset jika di lihat dari Jembatan Orang Kayo Mustika Rajo masih terlihat indah. Hembusan angin yang berasal dari ombak laut, di tambah suasana hilir mudik kapal-kapal nelayan yang akan pergi dan pulang melaut menjadi pemandangan yang sangat menarik untuk di nikmati. 

Halaman
12
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved