Breaking News:

Sampah Rumah Tangga Meningkat, Kadis Imbau Tegur Warga yang Buang Sampah Sembarangan

Produksi sampah selama Ramadan di Kabupaten Bungo meningkat. Peningkatan ini rata-rata berasal dari sampah rumah tangga. Plt Kepala Dinas

tribunjambi/hasbi sabirin
Ilustrasi penumpukan sampah. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Produksi sampah selama Ramadan di Kabupaten Bungo meningkat. Peningkatan ini rata-rata berasal dari sampah rumah tangga. Plt Kepala Dinas LH Kabupaten Bungo Saiful Azhar ketika dikonfirmasi menyebut jika peningkatan jumlah sampah yang dipungut oleh petugas LH sudah terjadi sejak awal Ramadan lalu.

"Iya ada peningkatan. Terkhusus dari dalam kota," kata Saiful Azhar, Rabu (28/4).

Menurut dia, peningkatan sampah ini tidak begitu signifikan. Antara empat hingga lima kubik per hari.

Pada hari biasa, kata Saiful, pihaknya mengangkut sampah dari TPS yang tersebar di Kota Bungo dan sekitarnya sekitar 70 kubik perhari, namun sekarang mencapai 75 kubik perharinya.

"Peningkatan itu sekitar satu mobil," ungkapnya.

Saiful mengimbau masyarakat untuk membuang sampah tepat waktu, yaitu pada malam hari. Hal itu juga agar tidak merusak estetika Kota Bungo.

"Buanglah sampah pada malam hari, agar bisa terangkut semua oleh petugas kita yang di lapangan," ungkapnya.

Dia mengakui jika di beberapa wilayah di dalam Kota Bungo banyak sampah yang berserakan. Ada masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya yaitu pada TPS atau tempat pembuangan sementara.

Menurut dia, seharusnya pihak RT atau lurah bisa menegur masyarakat yang membuang sampah sembarangan itu, dan diharapkan agar masing-masing kelurahan bisa membuat TPS.

Penulis: Muzakkir
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved