Breaking News:

Berita Batanghari

VIDEO Lapas Khusus Anak di Muara Bulian Tanam 700 Pinang Betara

Memperingati hari Bakti Pemasyarakatan Karyadika ke 57 Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Muara Bulian

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Memperingati hari Bakti Pemasyarakatan Karyadika ke 57 Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Muara Bulian mengadakan penanaman 700 bibit pinang betara di lahan seluas dua hektare, Rabu (28/4/2021).

Penanaman secara simbolis dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Jambi Kementrian Hukum dan HAM RI, MHD Jahari Sitepu, lalu diikuti oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Aris Munandar, kemudian secara simbolisi ditanam oleh Kepala LPKA Kelas II Muara Bulian, Marojahan Doloksaribu di LPKA Kelas II Muara Bulian.

Kepala Kantor Wilayah Jambi Kementrian Hukum dan HAM RI, MHD Jahari Sitepu mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh LPKA Kelas II Muara Bulian pada momentum hari Bakti Pemasyarakatan Karyadika ke 57 ini dapat mengadakan menanam pinang betara sebanyak 700 pohon.

Ia juga berharap apabila nanti jika berbuah dapat menjadi komoditas ekspor, jika dilihat dari kontur tanahnya sangat memungkinkan untuk tumbuh subur.

Kepala LPKA Kelas II Muara Bulian, Marojahan Doloksaribu mengatakan penanaman pinang betara telah dipersiapkan sejak dari Januari lalu.

Tak hanya penanaman pinang betara pihaknya juga melakukan pembinaan bagi anak didik, agar ke depan merekalah yang akan mengelola perkebunan ini.

"Hari ini kita undang Kakanwil dan Kadivpas untuk simbolis menanam pohon pinang betara di LPKA untuk kegiatan anak didik setiap harinya," kata Marojahan Doloksaribu selaku Kepala LPKA Kelas II Muara Bulian.

Lanjutnya, penanaman pohon pinang betara ini baru dilaksanakan tahun ini. Gagasan itu muncul dari Kadivpas yang lama.

"Katanya tanam pinang betara jangan pikirkan untuk kamu tapi pikirkan pegawai yang akan datang," ujarnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Aris Munandar mengatakan kegiatan ini merupakan sarana asimilasi edukasi bagi anak didik yang ada di dalam.

Mudah-mudahan nanti dengan diberikan ketrampilan di sini mereka jadi tidak bosan berada di dalam, tentunya mereka akan mengikuti pembinaan yang dilakukan.

Aris juga mengatakan bahwa Pembinaan di Lapas ada 2 yaitu Pembinaan kemandirian dan kepribadiaan, ini satu diantaranya bentuk pembinaan kemandirian supaya anak didik memiliki ketrampilan. Setelah mereka bebas tidak akan merepotkan masyarakat.

Kemudian, setelah anak didik memperoleh ketrampilan maka mereka dapat hidup mandiri dan harapannya juga bisa menghidupkan orang lain dilingkungannya.

"Mudah-mudahan dapat menghidupkan perekonomian orang lain juga dengan ketrampilan yang didapati dari LPKA Kelas II Muara Bulian ini," pungkasnya.

Baca juga: Zaskia Sungkar Berharap Bisa Hamil Lagi, Bersyukur Selalu Didampingi Irwansyah

Baca juga: Pria ini Berikan Mahar Kepada Sang Kekasih Seharga Rp 3 Miliar dan Satu Set Berlian

Penulis: A Musawira
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved