Breaking News:

Pencarian KRI Nanggala

53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Ini Alasan Seluruh Awak Pilih Diam Ketimbang Berenang ke Luar Kapal

Indonesia kini berduka dengan insiden gugurnya 53 prajurit yang ada di dalam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di laut utara Bali.

@satselhiukencana
(ilustrasi) Personel Kopaska dengan latar belakang KRI Nanggala 402 

TRIBUNJAMBI.COM - Indonesia kini berduka dengan insiden gugurnya 53 prajurit yang ada di dalam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di laut utara Bali.

Doa pun mengalir deras kepada 523 awak kapal tersebut yang gugur dalam bertugas.

Pada Rabu (21/04), pihak otoritas terkait telah menyatakan hilangnya kontak KRI Nanggala-402 saat menjalani latihan menembak roket.

Mendengar kabar tersebut, TNI AL pun langsung bergerak cepat mencari tahu mengapa KRI Nanggala-402 bisa hilang kontak.

Beberapa kesimpulan awal pun telah dikumpulkan mengenai penyebab insiden KRI Nanggala-402 ini tenggelam saat jalankan tugas.

Kapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu.
Kapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu. (CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO)

Hingga akhirnya Minggu (25/04), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun mengumumkan bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 telah tenggelam di kedalaman 839 meter dengan kondisi badan kapal terbelah menjadi 3.

Hal ini kemudian membuat para petinggi TNI ikut menyatakan bahwa 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 gugur dalam tugas.

Setidaknya butuh waktu 5 hari untuk kapal selam tersebut masuk ke kedalaman 839 meter.

Lalu timbul pertanyaan, mengapa 53 awak kapal tak mencoba untuk melarikan diri saat tahu kapal selam KRI Nanggala-402 dalam masalah?

Lalu, ahli pun beberkan alasannya mengapa 53 awak kapal lebih memilih berdiam di dalam kapal daripada harus keluar dan berenang untuk menyelamatkan diri.

Halaman
123
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved