Breaking News:

Berita Bisnis

Kinerja Jasa Raharja Cabang Jambi 2021 Lebih Aktif, Melalui Digitalisasi dan Sinergi dengan Rumkit

Jasa Raharja menjalankan Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ).

tribunjambi/vira ramadhani
Kinerja Jasa Raharja Cabang Jambi 2021 Lebih Aktif, Melalui Digitalisasi dan Bersinergi Dengan Rumah Sakit 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jasa Raharja menjalankan Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ).

M. Zulham Pane Kepala Cabang Jasa Raharja Cabang Jambi mengatakan Jasa Raharja memiliki tugas pokok yaitu Memberikan Perlindungan Dasar dengan Menghimpun dan Mengelola Dana dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak kepada masyarakat atas santunan.

“Lalu, Menyerahkan Santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan Pembangunan Negara melalui Deviden,” ujarnya di Kantor Jasa Raharja Cabang Jambi di Jalan Prof. DR. Sri Soedewi MS.SH No. 19, Rabu (21/4/2021).

Jasa Raharja memiliki dua sumber dana yaitu Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) yaitu Iuran Wajib merupakan Penjaminan terhadap penumpang yang menaiki Angkutan Umum baik di darat seperti kereta api dan bus, laut seperti kapal laut, maupun udara seperti pesawat.

Lalu, Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ) yaitu Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang dibayar bersamaan dengan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat merupakan penjaminan terhadap pihak ketiga di luar kendaraan penyebab kecelakaan.

“Untuk mekanisme pengajuan santunan Jasa Raharja sangat mudah dengan didukung digitalisasi seperti kerjasama yang sudah dibangun dengan Kepolisian melalui Integrasi Online Laporan Kecelakaan (IRSMS-DASI JR),” katanya.

Selain itu, Jasa Raharja secara proaktif melakukan jemput bola ke rumah ahli waris korban meninggal dunia, membangun sinergi dengan rumah sakit untuk menerbitkan Guarantee Letter sehingga korban kecelakaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ke rumah sakit dan membayarkan santunan ke rumah sakit.

“Jasa Raharja telah menyerahkan santunan hingga Maret 2021 sebesar 7,5 milyar turun -17,95% dibanding s.d Maret 2020 sebesar 9,2 milyar,” ungkapnya.

Lanjutnya, pada penyerahan santunan kepada korban meninggal dunia s.d Maret 2021 sebesar 4,7 milyar turun -27,13% dibanding s.d Maret 2020 sebesar 6,4 milyar dan korban luka-luka sebesar 2,9 milyar turun -28,88% dibanding s.d Maret 2020 sebesar 4 milyar.

 Dalam penyeraan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Jambi yang mengalami luka berat dan meninggal dunia masih banyak dialami pengendara sepeda motor dengan mayoritas berjenis kelamin laki-laki dan rata-rata berusia 15-29 tahun.

“Rata-rata penyelesaian berkas santunan sampai dengan bulan Maret 2021 sejak tanggal kecelakaan tidak sampai 2 hari yaitu sebesar 1,33 hari,” ucapnya.

Dalam memberikan pelayanan terbaik, Jasa Raharja mengembangkan aplikasi yaitu JRku.

Pada JRku dengan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti pengajuan santunan secara online dan memonitor proses penyelesaian santunan yang diajukan, mengecek masa berlaku SWDKLLJ yang tertera di STNK dengan memasukkan nomor polisi, Perusahaan Otobus (PO) dapat langsung menyetorkan luran Wajib, melaporkan apabila ada kecelakaan yang terjadi dan memberikan informasi daerah rawan kecelakaan.

“JRku juga dilengkapi dengan fitur My Trip yang dapat merekap aktifitas perjalanan kita serta menyediakan dompet digital (Finpay Money) yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembayaran tagihan seperti Telepon, PLN, Samolnas, pembelian Pulsa dan Token Listrik,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani).

Baca juga: Aurel Hermansyah Syok Bila Atta Halilintar Bangun Subuh-subuh, Akui Kewalahan Diminta Urusan Ranjang

Baca juga: Adu Kompak Sampai Viral Kapolsek dan Camat di Tebo Bermain Musik Untuk Hibur Masyarakat

Baca juga: Calon Panitia Pelaksana PSU Pilgub Jambi Harus Baru dan Netral

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved