Breaking News:

Berita Muarojambi

Anggaran Penanganan Covid-19 di Muarojambi Final 8 Persen dari DAU, Sudah Bisa Direalisasi

Hingga kini pada prinsipnya anggaran tersebut sudah bisa direalisasikan untuk penanganan Covid-19, dan tergantung kesiapan pada OPD yang mendapatkan p

Anggaran Penanganan Covid-19 di Muarojambi Final 8 Persen dari DAU, Sudah Bisa Direalisasi
Tribunjambi/Hasbi
Kepala BPKAD Muarojambi Alias

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Muarojambi telah melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Hingga kini pada prinsipnya anggaran tersebut sudah bisa direalisasikan untuk penanganan Covid-19, dan tergantung kesiapan pada OPD yang mendapatkan porsinya masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPKAD Muarojambi Alias mengatakan

Pemerintah Kabupaten Muarojambi tetapkan anggaran penanganan Covid-19 tahun ini sebesar 8% dari Dana Alokasi Umum (DAU)

Hal itu mengikuti arahan menteri keuangan yang menginstruksikan realokasi dan refocusing anggaran berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan no 17 tahun 2021 tentang pengelolaan transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2021.

"Dana penanganan Covid-19 ini dialokasikan sesuai amanat PMK untuk di distribusikan kebutuhan alat medis, vaksinasi serta insentif tenaga kesehatan,"kata Alias Rabu (21/4/2021).

Ia juga mengatakan, selain dana alokasi umum pemerintah Kabupaten Muarojambi juga melakukan realokasi Dana Insentif Daerah (DID) untuk perlindungan sosial dan penguatan ekonomi masyarakat.

Dengan alokasi dana ini, Kabupaten Muarojambi benar-benar siap menghadapi segala kemungkinan terkait antisipasi penyebaran Covid-19 kedepannya.

Anggaran Covid-19 tahun ini lebih fokus untuk dukungan vaksinasi di Dinas Kesehatan dan penanggulangan pandemi covid di tingkat kelurahan.

Sementara untuk dana DID yang diamanatkan sebagian penggunaannya untuk perlindungan sosial dan penguatan ekonomi masyarakat dialokasikan ke beberapa Dinas antara lain dinas Sosial, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Perdagangan.

"Semua anggaran untuk menangani Covid-19 itu diarahkan pada belanja di SKPD terkait, hari ini jumlah anggaran nya sudah final dan sudah ditandatangani oleh Bupati Muarojambi pada prinsipnya saat ini sudah bisa direalisasikan,"tutupnya.

Baca juga: Sepekan Ramadan Harga Cabai dan Ayam di Tanjabbar Mulai Turun, Harga Bawang Malah Naik

Baca juga: Promo Indomaret Terbaru 21 April 2021 Produk Home Care Super Hemat Hingga Kartini Fair

Baca juga: Sempat Tutup Jalan Utama, Masyarakat Seberang Kota Jambi Tuntut Setengah Bulan Jalan Sudah Diaspal

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved