Breaking News:

Berita Kota Jambi

Vaksinasi Lansia di Kota Jambi Baru Mencapai 22 Persen, Kerentanan Jadi Kendala

Dirinya mengharapkan, pelaksanaan vaksinasi saat puasa ini nantinya dapat menambah angka vaksinasi lansia di Kota Jambi menjadi 44 persen. 

tribunjambi/monang
Ilustrasi. Kantor Lurah Selamat di Danau Sipin dijadikan Lokasi Vaksinasi Lansia 

 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Vaksinasi Covid-19 telah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat kelompok umur lanjut usia (lansia), saat ini menjadi prioritas utama dari vaksinasi setelah tenaga kesehatan.

Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Jambi, H R Erwansyah, Selasa (20/4/2021) mengatakan, saat ini jumlah lansia yang divaksinasi masih kalah dengan kelompok dewasa muda.

Dirinya tidak menyebut angka pasti, namun Erwansyah menilai hal ini disebabkan karena lansia paling rentan terkena penyakit penyerta (komorbid).

"Kami masih berfokus untuk melakukan vaksinasi kepada lansia. Sebab kelompok umur lansia masih sedikit dan ketinggalan dengan yang umurnya masih muda (dewasa muda)," ungkapnya di sela-sela kegiatan vaksinasi pelayan publik bidang transportasi di Terminal Alam Barajo.

"Mereka (dewasa muda) sangat mudah (divaksinasi) karena tidak ada penyakit bawaan. Sedangkan untuk lansia kebanyakan memiliki penyakit bawaan sehingga agak sulit untuk dilakukan vaksinasi. Seperti gula darah, tensi tidak normal, penyakit paru, dan sebagainya," paparnya.

Selain itu dirinya menilai masyarakat Kota Jambi masih takut untuk melaksanakan vaksinasi. Sehingga dirinya mengimbau agar masyarakat dapat mengajak orangtuanya atau keluarganya yang lansia untuk divaksin.

"Kami menilai masih banyak yang takut untuk melaksanakan vaksinasi. Oleh karena itu kami imbau untuk masyarakat Kota Jambi untuk mengajak orang tuanya yang lansia atau yang merasa dirinya pelayan publik segera mendaftarkan diri untuk divaksinasi," imbaunya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yulianti mengatakan, jumlah lansia yang sudah melakukan vaksin di Kota Jambi masih minim.

"Saat ini jumlah lansia yang melakukan vaksinasi masih minim. Kita baru mencapai 22 persen," bebernya.

Dirinya mengharapkan, pelaksanaan vaksinasi saat puasa ini nantinya dapat menambah angka vaksinasi lansia di Kota Jambi menjadi 44 persen. 

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Jadwal Vaksin Covid-19 di Sarolangun Saat Ini Menyasar pada Guru dan Staf Sekolah

Baca juga: Jadwal MotoGP Spanyol 2021 hingga Klasemen Sementara Setelah Race Portugal, V Rossi Menyedihkan

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini 20 April 2021 - Al Akan Jujur pada Andin dan Mama Rosa? Elsa yang Diteror?

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved