Breaking News:

Lima Desa di Merangin Masih Rentan Rawan Pangan

Lima desa dari tiga kecamatan di Kabupaten Merangin masih rentan terjadi rawan pangan. Dari 205 desa di Kabupaten Merangin

tribunjambi/Abdullah Usman
Ilustrasi: gagal panen 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Lima desa dari tiga kecamatan di Kabupaten Merangin masih rentan terjadi rawan pangan.
Dari 205 desa di Kabupaten Merangin lima desa tersebut berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Merangin, yakni Desa Air Liki dan Desa Air Liki Baru di Kecamatan Tabir Barat.

Kemudian di Kecamatan Jangkat ada Desa Renah Kemumu dan Desa Koto Rawang.

Selanjutnya, di Kecamatan Muara Siau ada Desa Durian Rambun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Merangin, Slamet Sudarsono menyebutkan rentan rawan pangan itu berdasarkan beberapa indikator penilaian.

Diantaranya seperti tenaga kesehatan, kesulitan mendapatkan air bersih dan saran prasarana yang mendukung seperti jalan untuk mengangkut hasil pertaniannya.

"Ada beberapa indikator, seperti minimnya tenaga kesehatan, sulitnya air bersih, jalan belum mulus, sarana prasarana yang kurang mendukung, kurangnya lahan perkebunan/pertanian dan masih terdapat keluarga prasejahtera," ujarnya belum lama ini.

Setiap tahun pihaknya akan mengevaluasi program mengantisipasi rentan rawan pangan di setiap desa dan menganalisis daerah dikategorikan rentan rawan pangan tersebut.

Bahkan dari evaluasi yang dilakukan, Slamet menyebutkan desa yang rentan rawan pangan itu telah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini berkurang dari tahun lalu, tahun lalu itu ada 10 desa, sekarang ada lima desa," ujarnya.

Menurutnya, hal itu tidak lepas dari dukungan instansi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Merangin, serta dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat.

"Berhasil atau tidaknya itu perlu dukungan dari instansi lainnya, seperti masalah jalan itu Dinas PUPR, masalah listrik dan lain sebagainya," tandasnya.

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved