Breaking News:

Militer Indonesia Tambah Kekuatan ke Natuna, Imbas China Bikin Gaduh di laut China Selatan

Seperti halnya Filipina dan Vietnam yang dikabarkan lebih dulu berang dengan tindakan China. Bahkan dibelakang Filipina, Amerika Serikat (AS) juga su

Editor: Suci Rahayu PK
KOMPAS.com/DOK TNI
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan | (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Morgono menggelar apel pasukan intensitas operasi rutin TNI dalam pengamanan laut Natuna di pelabuhan Selat Lampa, Ranai Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau 

TRIBUNJAMBI.COM - Indonesia sepertinya tak tinggal diam dan ikut bersiaga dampak dari aktivitas militer yang makin tinggi di Laut China Selatan.

Ketegangan di Laut China Selatan baru-baru meningkat sejak China mengirim pasukan nelayan milisi di kawasan laut sengketa itu.

Protes banyak negara Asean dan dunia tak menghentikan China melakukan aksi klaim 90 kawasan Laut China Selatan adalah wilayahnya.

Kapal Coast Guard Taiwan dengan Persenjataan Rudal untuk Tenggelamkan Armada China di Laut China Selatan.
Kapal Coast Guard Taiwan dengan Persenjataan Rudal untuk Tenggelamkan Armada China di Laut China Selatan. (Taipei Times)

Hal itu memicu sejumlah negara Asean mengirimkan armada lautnya ke perbatasan Laut China Selatan.

Seperti halnya Filipina dan Vietnam yang dikabarkan lebih dulu berang dengan tindakan China.

Bahkan dibelakang Filipina, Amerika Serikat (AS) juga sudah siap membantu sekutunya tersebut bila perang pecah di Laut China Selatan.

Sejalan dengan Filipina, Vietnam pun mengaku marah besar dengan tindakan yang dilakukan China di kawasan perbatasan.

Melansir dari News.com.au, Selasa (13/4/2021) Vietnam juga tidak tinggal diam mengenai masalah Laut China Selatan dengan mengirim salah satu kapal perangnya untuk melakukan "latihan tempur".

Kapal perang jenis fregat anti-kapal selam modern Quang Trung dan helikopter on-boardnya dikerahkan ke wilayah Laut China Selatan tersebut.

Baca juga: Emosi Kartika Putri Lantaran Dipermainkan Richard Lee Imbas Tak Datang Polda Metro Jaya: Kecewa Saya

Baca juga: WhatsApp Kapolri Diserbu, Masyarakat Banyak yang Kecewa Layanan Polisi, DPR: Ini Peringatan Keras!

Lalu bagaimana dengan Indonesia yang juga bermasalah dengan China lantaran sebagian wilayah Natuna Utara diklaim oleh Xi Jinping?

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved