Breaking News:

Berita Tebo

Hakim PN Tebo Tolak Gugatan Para Anggota Koperasi Neo Mitra Usaha Rimbo Bujang

Sesuai dari salinan putusan perkara nomor 16/Pdt.G.S/2021/PN Mrt, hakim telah menyatakan menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya. 

tribunjambi/hendro sandi
Suasana di Kantor Koperasi Neo Mitra Usaha di Tebo 


TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Pengadilan Negeri (PN) Tebo menolak secara keseluruhan, gugatan yang ditujukan kepada Koperasi Neo Mitra Usaha dari para anggotanya.

Sesuai dari salinan putusan perkara nomor 16/Pdt.G.S/2021/PN Mrt, hakim telah menyatakan menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya. 

Bahkan, dalam pertimbangan putusannya, hakim juga menyatakan Koperasi Neo Mitra Usaha tidak terbukti melakukan wanprestasi (ingkar janji) kepada para anggota yang melakukan gugatan.

Berdasarkan uraian pertimbangan hukum yang dijadikan dasar keluarnya putusan, hakim menyimpulkan gugatan para penggugat haruslah ditolak seluruhnya.

"Selain itu, dalam pertimbangan hakim itu juga menerangkan bahwa, karena gugatan para penggugat telah ditolak, maka secara hukum para penggugat haruslah dihukum untuk membayar biaya yang timbul dalam perkara ini," ungkap Gading, seorang manajemen Koperasi Neo Mitra Koperasi, Kamis (15/4/2021).

Sebagai informasi, putusan tersebut resmi diberitahukan pada 8 April 2021 lalu. Sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015, tentang tata cara lenyelesaian gugatan sederhana, serta ketentuan-ketentuan hukum lainnya. 

Namun jika pihak yang tidak menerima putusan hakim, dapat mengajukan upaya hukum berupa permohonan keberatan, paling lambat 7 hari setelah putusan. 

Dengan adanya upaya hukum keberatan dalam gugatan sederhana tersebut, maka tidak ada lagi upaya hukum lain, yang dapat diajukan oleh para pihak, dimana putusan keberatan merupakan putusan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde).

"Sore ini oleh tim kuasa hukum Neo Mitra Usaha menyatakan sudah keluar keputusannya tidak ada upaya hukum lagi. Jadi putusan hakim Pengadilan Negeri Tebo yang menolak gugatan para anggotanya, telah memiliki kekuatan hukum yang tetap," pungkasnya.

(Tribunjambi/hendrosandi)

Baca berita lain terkait Tebo

Baca juga: Lapas Muara Bulian Buka Pesantren Selama Bulan Ramadan, Warga Binaan Mendapat Tausiah

Baca juga: Semaraknya Ramadhan di Masjid Al-Munawaroh Meski Lokasinya di Kawasan Bandara Sultan Thaha Jambi

Baca juga: Gedung DPRD Kota Jambi Tetap dalam Penjagaan Sistem Piket Selama Renovasi

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved