Breaking News:

Berita Kota Jambi

Wali Kota Jambi Keluarkan Surat Edaran Agar ASN Tertib Berlalu Lintas

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengeluarkan surat edaran nomor 03/HKU/EDR/2021 tentang ketentuan pelanggaran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rahimin
Tribunjambi/Rohmayana
Kepala Dishub Kota Jambi, Saleh Ridho. Wali Kota Jambi Keluarkan Surat Edaran Agar ASN Tertib Berlalu Lintas 

Wali Kota Jambi Keluarkan Surat Edaran Agar ASN Tertib Berlalu Lintas

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengeluarkan surat edaran nomor 03/HKU/EDR/2021 tentang ketentuan pelanggaran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Jambi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho mengatakan, surat edaran ini untuk mendukung program tertib berlalu lintas dan menjaga kewibawaan pemerintah.

"Dalam surat edaran ini mengatakan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kota Jambi yang menggunakan kendaraan dinas wajib mematuhi segala aturan berlalu lintas," katanya Rabu (14/4/2021).

Dirinya mengatakan melalui delapan simpang yang telah dipasang CCTV ETLE dan nantinya akan diintegrasikan juga ke 16 simpang yang terpasang CCTV pada simpang ATCS untuk merekam setiap pelanggaran yang dilakukan pengguna kendaraan roda dua dan roda empat.

"Semua akan terpantau. Baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas," ujarnya.

Ridho pun menjelaskan sasaran tilang pada ETLE.

"Adapun untuk sasaran tilang nantinya adalah penggunaan helm, sabuk pengaman, pelanggaran ruang henti khusus, berhenti sembarangan, pajak kendaraan, menerobos lampu merah, dan menggunakan handphone saat berkendara," jelasnya.

Ia mengatakan nantinya terdapat pelanggaran yang dilakukan ASN Kota Jambi dengan menggunakan kendaraan dinas, maka wajib bertanggung jawab terhadap pelanggaran tersebut.

"Kalau kendaraan plat merah milik Kota Jambi nanti melakukan pelanggaran, maka nanti mereka bertanggung jawab dengan melakukan pembayaran denda tilang yang akan langsung dikirimkan di kantor tempat ASN bekerja," terang Kadishub Kota Jambi ini.

"Selain itu juga untuk pelanggaran aturan berlalu lintas dengan kendaraan dinas yang dipergunakan oleh pengemudi lain menjadi tanggung jawab ASN berdasarkan berita acara serah terima kendaraan tersebut," tambahnya.

Ia pun menambahkan sanksi tegas dari surat edaran tersebut.

Bupati Tebo Minta Warga Ikhlaskan Tebang Pohon Jika Dianggap Mengganggu Aliran Listrik

Dibangun Senilai Rp 7 Miliar Pasar Rakyat Type A Merangin Tak Ditempati dan Jadi Tempat Pacaran

Sopir Taksi Online di Jambi Terlibat Penyelundupan 135 Ribu Benur Senilai Rp 15,26 Miliar

"Apabila ASN yang menggunakan kendaraan dinas dan berulang kali melakukan pelanggaran aturan berlalu lintas, maka akan dikenakan sanksi untuk tidak diberikan hak menggunakan kendaraan dinas tersebut kepada yang bersangkutan," bebernya.

Ia mengatakan surat edaran ini memang diharapkan ASN dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, untuk tertib berlalu lintas.(Tribunjambi.com/Widyoko)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved