Breaking News:

Berita Kota Jambi

Dua Kabupaten di Provinsi Jambi Ini Ajukan Izin Wilayah Pertambangan Rakyat

Hingga kini, sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi mulai mengajukan sebagian wilayahnya menjadi wilayah pertambangan rakyat (WPR).

Tribunjambi/Zulkifli
Kabid Pertambangan Mineral dan Batubara, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Novaizal Varia Utama 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Hingga kini, sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi mulai mengajukan sebagian wilayahnya menjadi wilayah pertambangan rakyat (WPR).

Upaya ini dilakukan agar wilayah pertambangan yang sebelumnya tidak berizin menjadi legal.

Kabid Pertambangan Mineral dan Batubara Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Novaizal Varia Utama mencatat, sejauh ini ada dua kabupaten yang mengajukan izin tambang ke Kementerin ESDM.

"Sudah ada dua (yang mengajukan izin tambang), yaitu Kabupaten Tebo dan Kabupaten Sarolangun," sebutnya.

Dua kabupaten ini tidak hanya mengajukan soal tambang rakyat pada emas saja, melainkan juga ada tambang bebatuan kerikil dan pasir. Terkait itu, masih ada beberapa yang harus disesuikan dengan izin di Kementerian.

Selain dua kabupaten di atas, Kabupaten Merangin juga tengah menyiapkan data dan berkas untuk pengajuan WPR ke Kementerian. Namun, hal ini masih dievaluasi oleh kabupaten setempat, karena masih dalam rencana.

Dia menjelaskan, terkait tambang rakyat tersebut, kabupaten yang membuat pengajuan harus merincikan dengan jelas wilayah yang akan dijadikan WPR. Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini hanya bersifat perantara dari penentuan wilayah dari kabupaten yang mengusulkan WPR tersebut.

Pemprov Jambi hanya akan mendapat tembusan pada pengajuan yang disampaikan ke Kementerian ESDM tersebut.

"Dari surat tembusan itu, akan dirapatkan kembali, karena masih banyak persyaratan yang belum lengkap, sehingga harus dilengkapi terlebih dahulu," selanya.

Dia mengatakan, ada sejumlah persyaratan yang belum memenuhi kriteria, dan ini akan kembali diusulkan kembali, selambatnya pada Agustus mendatang.
(are)

Baca berita lain terkait pertambangan rakyat

Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved