Breaking News:

Berita Kerinci

Tanjung Tanah Bumi Undang Selujur Alam Kerinci, Emas Melimpah Ruah di Bumi Kerinci

Kitab yang menjadi pusaka desa Tanjung Tanah itu, seperti kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) jaman sekarang yang disusun secara komprehensif.

ist
Tanjung Tanah Bumi Undang Selujur Alam Kerinci, Emas Melimpah Ruah di Bumi Kerinci 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Sejak abad ke-13 Kabupaten Kerinci ternyata sudah punya kitab undang-undang.

Kitab yang menjadi pusaka Desa Tanjung Tanah itu, seperti kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) jaman sekarang yang disusun secara komprehensif.

Naskah tersebut saat ini masih tersimpan dan terletak di Desa Tanjung Tanah, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Tanjung Tanah adalah sebuah desa tua yang terletak di pingiran Danau Kerinci, sekarang termasuk dalam wilayah Kecamatan Danau Kerinci.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda 1904-1942 Tanjung Tanah masuk ke dalam wilayah administratif Kemendapoan Seleman Kerinci Hilir.

Desa ini terletak kira-kira 13 Km dari kota sungai penuh, dikelilingi oleh hamparan sawah yang luas dan dikelilingi oleh bukit barisan, gunung menjulang dan menghijau.
Tak heran kalau Desa Tanjung Tanah tempo dulu tersohor sebagai lumbungnya padi di Kabupaten Kerinci, dengan jumlah penduduk lebih kurang 6.000 jiwa, sekarang Desa Tanjung Tanah telah dimekarkan menjadi tiga desa, Desa Tanjung Tanah selaku Desa induk, Desa Simpang, desa Dusun Baru Tanjung Tanah, secara adat disebut tigo luhah Tanjung Tanah.

Penduduk tigo luhah Tanjung Tanah rata rata bekerja sebagai petani, nelayan, buruh, pedagang, tukang, peternak.

Sebagian kecil ada yang bekerja sebagai pegawai negeri dan sebagian besar penduduknya memilih berhijrah ke negeri jiran tepatnya di Kampoeng kerinchi Kota Kuala Lumpur Malaysia.

Suhardiman Rusdi Pemerhati Budaya dan Sejarah Kerinci, mengatakan Tanjung Tanah tempo dulunya adalah Bumi Undang Selujur Alam Kerinci.

Karena di desa inilah ditaruhkan atau ditempatkannya Dua Naskah Undang-undang Untuk bumi selujur alam Kerinci.

Halaman
1234
Penulis: Herupitra
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved